Upaya meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui model pembelajaran sentra balok : PTK di kelompok A Bina Ilmu Anak Shaleh Bandung

Noviyanti, Elva (2020) Upaya meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui model pembelajaran sentra balok : PTK di kelompok A Bina Ilmu Anak Shaleh Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, terdapat beberapa masalah terkait dengan kemampuan mengenal bentuk geometri anak diantaranya adalah anak belum mampu menyebutkan bentuk geometri dengan benar, seperti bentuk lingkaran masih ada anak yang menyebutnya bulat, belum mampu menunjukkan bentuk geometri, belum mampu mengklasifikasi bentuk geometri, karena metode yang digunakan masih sederhana serta kurang efektif, yaitu hanya dengan mengenalkan bentuk geometri dengan cara guru menggambar bentuk geometri di papan tulis. Sehingga membuat suasana pembelajaran kurang menyenangkan dan anak sulit memahami bentuk geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kemampuan mengenal bentuk geometri sebelum diterapkannya model pembelajaran sentra balok di kelompok A RA Bina Ilmu Anak Shaleh. 2) proses model pembelajaran sentra balok di kelompok A RA Bina Ilmu Anak Shaleh pada seluruh siklus. 3) kemampuan mengenal bentuk geometri setelah diterapkannya model pembelajaran sentra balok di kelompok A RA Bina Ilmu Anak Shaleh pada seluruh siklus. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa mengenal bentuk geometri merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi anak yang perlu dikembangkan. Kegiatan mengenal bentuk geometri anak usia dini perlu diajarkan dengan berbagai macam model pembelajaran yang tepat sehingga tidak merusak pola perkembangan anak. Dari meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini di kelompok A RA Bina Ilmu Anak Shaleh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data dalam metode ini yaitu berupa observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Adapun teknis analisi data yang digunakan adalah reduksi data, display data, kesimpulan, dan verifikasi. Subjek/responden dalam penelitian ini adalah siswa/i RA Bina Ilmu Anak Shaleh yang berjumlah 12 orang pada tahun. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri anak sebelum dilakukan tindakan memperoleh nilai rata-rata 40.41% dengan kriteria kurang sekali. Proses penerapan model pembelajaran sentra balok dilihat dari aktivitas guru dan anak, pada siklus I observasi aktivitas guru mencapai 66.66% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 93.33% dengan kriteria sangat baik. Demikian pula pada observasi aktivitas anak siklus I mencapai 61.10% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 85.99% dengan kriteria sangat baik. Adapun pada siklus I dalam kemampuan mengenal bentuk geometri memperoleh nilai rata-rata 54.04 dengan kriteria kurang dan adapun pada siklus II dalam kemampuan mengenal bentuk geometri meningkat menjadi 93.33 dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; geometri; balok
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Elva Noviyanti
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:28
Last Modified: 25 Nov 2020 03:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34115

Actions (login required)

View Item View Item