Kemampuan berpikir logis anak usia dini: Perbandingan antara Metode Demonstrasi dengan Metode Proyek di Kelompok B RA Assalafiyyah Kabupaten Bandung Barat

Pratiwi, Putri Mustika (2020) Kemampuan berpikir logis anak usia dini: Perbandingan antara Metode Demonstrasi dengan Metode Proyek di Kelompok B RA Assalafiyyah Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir logis anak usia dini di kelompok B RA Assalafiyyah, hal ini ditunjukkan oleh data hasil studi pendahuluan yang dilakukan penulis pada 40 anak kelompok B di RA Assalafiyyah, misalnya terdapat 62,5% anak yang masih keliru dalam menentukan benda yang paling banyak/paling sedikit, 70% anak belum bisa menjelaskan hubungan sebab akibat terjadinya sesuatu, bahkan 67,5% anak masih belum bisa menyusun pola ABCD-ABCD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir logis anak usia dini di RA Assalafiyyah dengan menggunakan metode demonstrasi, kemampuan berpikir logis anak usia dini di RA Assalafiyyah dengan menggunakan metode proyek, mengetahui perbandingan metode demonstrasi dan metode proyek terhadap kemampuan berpikir logis anak usia dini di RA Assalafiyyah. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini ada hipotesis kerja dan hipotesis nol, hipotesis kerja penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir logis anak usia dini di RA Assalafiyyah Bandung Barat melalui demonstrasi dan metode proyek, sedangkan hipotesis nol dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan antara kemampuan berpikir logis anak usia dinidi RA Assalafiyyah Bandung melalui metode demonstrasi dan metode proyek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif, dilaksanakan di kelompok B RA Assalafiyyah Kabupaten Bandung Barat pada bulan Desember 2018-April 2019 dengan sampel masing-masing 20 orang pada kelas Demonstrasi dan kelas Proyek. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan dokumentasi sedangkan teknis analisis data diperoleh melalui perhitungan statistik yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis anak dengan metode demonstrasi di kelas B1 menunjukan data yang berdistribusi normal dengan skor rata-rata 79,1, angka ini masuk kedalam interval (79-100) dengan interpretasi “sangat baik” sedangkan kemampuan berpikir logis dengan metode proyek di kelas B2 menunjukkan data yang berdistribusi normal dengan skor rata-rata 64,7, angka ini masuk kedalam interval (60-69) dengan interpretasi “cukup”. Perbandingan antara metode demonstrasi dan metode proyek pada kemampuan berpikir logis anak usia dini memiliki perbedaan yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai thitung = 4,88 > ttabel = 1,684 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini; Metode Demonstrasi; Metode Proyek; Kemampuan Berpikir Logis
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Putri Mustika Pratiwi
Date Deposited: 09 Oct 2020 02:12
Last Modified: 08 Sep 2022 07:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34069

Actions (login required)

View Item View Item