Penerapan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar Psikomotor siswa pada mata pelajaran PJOK : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MIS Bangsal Kabupaten Ciamis

Lutfiani, Leni (2020) Penerapan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar Psikomotor siswa pada mata pelajaran PJOK : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MIS Bangsal Kabupaten Ciamis. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalah yang terdapat pada hasil belajar psikomotor siswa dalam mata pelajaran PJOK di kelas IV MIS Bangsal Kabupaten Ciamis. Karena pada proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode yang konvensional, ketika memberikan materi guru selalu dilakukan di luar kelas atau di lapangan, kurangnya media yang digunakan dalam melakukan pembelajaran, sehingga membuat siswa kurang minat dan kurangnya antusias untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Rendahnya hasil belajar psikomotor siswa dilihat dari nilai siswa yang masih kurang dari nilai KKM yaitu 75. Hal tersebut jika dibiarkan dapat menyebabkan hasil belajar psikomotor siswa berkurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar psikomotor siswa kelas IV MIS Bangsal Kabupaten Ciamis sebelum menggunakan metode simulasi. Mengetahui proses pembelajaran mata pelajaran PJOK dengan menggunakan metode simulasi. Mengetahui peningkatan hasil belajar psikomotor sesudah menggunakan metode simulasi pada mata pelajaran PJOK. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas atau PTK, di dalamnya terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpuan data yang digunakan yaitu observasi dan unjuk kerja. Pada penelitian ini dilakukan selama dua siklus yaitu, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar psikomotor siswa kelas IV MIS Bangsal Kabupaten Ciamis meningkat dengan menggunakan metode simulasi. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil observasi guru serta hasil observasi siswa dan hasil belajar psikomotor siswa selama pembelajaran berlangsung. Hasil observasi guru mengalami peningkatan pada siklus I mencapai presentase 79,17%, dan siklus II 95,8%. Begitupun aktivitas siswa pada siklus I mencapai presentase 73,61%, dan siklus II 94%. Hasil belajar psikomotor siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan metode simulasi pada mata pelajaran PJOK kelas IV MIS Bangsal Kabupaten Ciamis dari nilai rata-rata belajar siswa siklus I mencapai presentase 73,26%, siklus II mencapai presentase 77,61%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar psikomotor siswa kelas IV MIS Bangsal Kabupaten Ciamis pada mata pelajaran PJOK. Kata Kunci: Metode Simulasi, Belajar Psikomotor, PJOK

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Simulasi; Belajar Psikomotor; PJOK
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Leni Lutfiani
Date Deposited: 13 Oct 2020 03:00
Last Modified: 13 Oct 2020 03:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34067

Actions (login required)

View Item View Item