Efektivitas penggunaan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) dalam perencanaan keuangan pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kota Bandung

Afriani, Siti Nurhalizah (2020) Efektivitas penggunaan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) dalam perencanaan keuangan pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan keuangan merupakan salah satu kegiatan dalam proses pengelolaan keuangan. Proses pengelolaan keuangan di pusat dan di daerah sendiri telah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA). Dimana SIMDA tersebut juga digunakan di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kota Bandung untuk mengefektifkan kegiatan perencanaan keuangannya. Namun, nyatanya pada pelaporan akhir tahun anggaran untuk persentase realisasi anggaran masih kurang dari 95%, maka dalam hal ini perlu dilakukan tindakan agar penggunaan SIMDA efektif untuk perencanaan anggaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat seberapa efektif penggunaan SIMDA di Bappelitbang untuk proses pengelolaan keuangan mereka apakah berperan penting untuk perencanaan keuangan atau malah sebaliknya. Apakah dalam penggunaannya aplikasi tersebut memiliki beberapa sistem yang dapat diunggulkan ataupun sistem yang kurang membantu para Para Pejabat Teknis Kegiatan (PPTK) dalam menyusun perencanaan anggaran. Metode yang digunakan yaitu menggunakan Penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan tujuan untuk menggambarkan mengenai efektivitas dalam penggunaan SIMDA dalam perencanaan keuangan di Bappelitbang dengan menggunakan jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori efektivitas dalam kebijakan, dimana ada 8 dimensi dari konsep efektivitas ini, antara lain: (1)Ketepatan penentuan waktu, (2)Ketepatan perhitungan biaya, (3) Ketepatan dalam pengukuran, (4)Ketepatan dalam menentukan pilihan, (5)Ketepatan berpikir, (6)Ketepatan dalam melakukan perintah, (7)Ketepatan dalam menentukan tujuan, (8)Ketepatan sasaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan SIMDA sudah efektif membantu para PPTK menyusun perencanaan anggaran, antara lain: : (1)Ketepatan penentuan waktu sudah cukup efektif, (2)Ketepatan perhitungan biaya belum efektif, (3) Ketepatan dalam pengukuran cukup efektif, (4)Ketepatan dalam menentukan pilihan sudah efekif, (5)Ketepatan berpikir sudah efektif, (6)Ketepatan dalam melakukan perintah sudah efektif, (7)Ketepatan dalam menentukan tujuan cukup efektif, (8)Ketepatan sasaran cukup efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: SIMDA;Perencanaan Keuangan;Efektivitas;Bappelitbang
Subjects: Public Finance
Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Siti Nurhalizah Afriani
Date Deposited: 07 Oct 2020 00:59
Last Modified: 07 Oct 2020 00:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34060

Actions (login required)

View Item View Item