Aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pidato hubungannya dengan public speaking siswa (berbicara depan umum): Penelitian pada Siswa SMP Plus Alkautsar

Maulida, Irna (2020) Aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pidato hubungannya dengan public speaking siswa (berbicara depan umum): Penelitian pada Siswa SMP Plus Alkautsar. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pidato sudah dilakukan dengan cukup baik. Namun sebagian siswa kemampuan public speaking (berbicara di depan umum) nya masih rendah. Beberapa siswa ada yang belum berani untuk tampil dan berbicara di depan umum. Hal tersebut menunjukkan suatu kesenjangan sehingga timbul permasalahan. Lalu, muncul pertanyaan tentang adakah hubungan antara aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pidato dengan kemampuan public speaking siswa atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) aktivitas siswa SMP Plus Alkautsar dalam mengikuti kegiatan pidato; (2) kemampuan siswa dalam public speaking (berbicara di depan umum) setelah mengikuti kegiatan pidato; (3) hubungan aktivitas siswa SMP Plus Alkautsar dalam mengikuti kegiatan pidato dengan kemampuan mereka dalam public speaking (berbicara di depan umum). Penelitian ini diasumsikan bahwa kegiatan pidato memiliki keterkaitan dengan kemampuan public speaking siswa dan kegiatan pidato tidak ada keterkaitan dengan kemampuan public speaking siswa. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pidato dengan kemampuan public speaking siswa dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pidato dengan kemampuan public speaking siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskripsi yang dimaksudkan untuk pemecahan masalah pada saat sekarang. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif yaitu observasi, wawancara, studi dokumenter, dan kuantitatif berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Realitas aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pidato menunjukkan aktivitas yang positif dan menunjukkan kualitas sedang dengan nilai akhir 2,86 yang berada pada skala 2,60 – 3,39; (2) Realitas kemampuan public speaking siswa menunjukkan kualitas tinggi dengan nilai akhir 3,43 yang berada pada skala 3,40 – 4,19; (3) Hubungan antara keduanya adalah: (a) Koefisien korelasinya senilai 0,31 yang termasuk pada interval koefisien 0,20 – 0,399 dengan interprestasi pada tingkat rendah; (b) Hipotesisnya diterima yakni tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y, berdasarkan uji hipotesis yang menunjukkan nilai ttabel senilai 26,6 dan thitung sebesar 1,73. Ini menunjukan bahwa thitung<ttabel; (c) besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 1% artinya bahwa 99% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pidato; public speaking; sekolah menengah pertama;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irna Maulida
Date Deposited: 13 Oct 2020 04:10
Last Modified: 13 Oct 2020 04:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34036

Actions (login required)

View Item View Item