Strategi produksi mempertahankan eksistensi I-Radio Bandung: Studi kualitatif pada program feature Jalan SoreSore 105.1 FM I-Radio Bandung

Fatimah, Reyva Nabila (2020) Strategi produksi mempertahankan eksistensi I-Radio Bandung: Studi kualitatif pada program feature Jalan SoreSore 105.1 FM I-Radio Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Stasiun Radio merupakan saran media publik yang sangat strategis dalam mengembangkan dan menyajikan segala informasi baik itu berita, iklan dan musik. Hal itu pula yang dilakukan oleh 105.1 FM I-Rado Bandung dengan menyajikan program Jalan SoreSore yang dikemas dalam bentuk feature yang informatif serta menghibur. Dalam menyajikan program tersebut, dibutuhkan strategi produksi sebuah program siaran. Sehingga dapat menghasilkan program yang dapat diterima dan dinikmati oleh pendengar serta mampu bersaing dengan media lainnya untuk mempertahankan eksistensi media tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) strategi pra-produksi program Jalan SoreSore di I-Radio Bandung, 2) strategi produksi program Jalan SoreSore di I-Radio Bandung dan 3) strategi pasca-produksi program Jalan SoreSore di I-Radio Bandung sesuai dengan konsep strategi produksi program dari Morissan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori Hirarki Pengaruh Isi Pesan Media yang dikemukakan oleh Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese. Subjek penelitian in adalah produser / creative assistant / reporter dan penyiar program. Data diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi dan dianalisis dengan reduksi data, display atau sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) strategi pra-produksi program Jalan SoreSore terdiri dari kegiatan mencari dan menentukan tempat yang akan diliput, peninjauan lokasi, membuat jadwal liputan dan briefing yang didalamnya terdapat tingkatan pengaruh organisasi media (organization level) dan individu pekerja media (individual level). 2) strategi produksi program dengan kegiatan melakukan liputan, menyiapkan alat recording, proses rekaman (taping) dan pengecekan hasil rekaman yang dalam beberapa kegiatannya terdapat tingkatan pengaruh rutinitas media (media routines level) pengaruh luar media (outside media level) dan pengaruh individu pekerja media (individual level). 3) strategi pasca-produksi memiliki kegiatan penyuntingan (editing), pengisian suara (manipulating), pencampuran suara (mixing), promosi program, disiarkannya program dan evaluasi dengan adanya pengaruh individu pekerja media (individual level).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Radio; Program Feature; Strategi Produksi;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communications Telemunications
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Reyva Nabila Fatimah
Date Deposited: 01 Oct 2020 08:16
Last Modified: 01 Oct 2020 08:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33966

Actions (login required)

View Item View Item