Perubahan sosial ekonomi masyarakat pasca pembangunan PLTA Upper Cisokan: Penelitian di Desa Sukaresmi Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat

Tahudin, Iyep (2020) Perubahan sosial ekonomi masyarakat pasca pembangunan PLTA Upper Cisokan: Penelitian di Desa Sukaresmi Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Absrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari suatu perubahan sosial ekonomi masyarakat setelah berlangsungnya suatu pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Upper Cisokan Pumped Storage. Adapun mengenai objek penelitiannya yaitu pada masyarakat Dusun Cimarel yang berlokasi di Desa Sukaresmi Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Dusun Cimarel merupakan suatu wilayah di Desa Sukaresmi yang banyak terkena dampak dari adanya PLTA Upper Cisokan ini. Perubahan sosial ekonomi yang terjadi di Dusun Cimarel ditandai dengan meningkatnya segi kepemilikan barang namun menurun secara pekerjaan, adapun ciri perubahan lainnya yaitu mengenai munculnya variasi pekerjaan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan sosial ekonomi pada masyarakat transisi, perubahan sosial pendidikan pasca adanya proyek pembangunan PLTA Upper Cisokan Dusun Cimarel Desa Sukaresmi Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Jean Baudrillard mengenai masyarakat konsumsi yang menyatakan bahwa masyarakat mengonsumsi barang bukan hanya pada nilai guna dan nilai tukar sebagaimana dikatakan oleh Karl Marx, namun menurut Baudrillard masyarakat konsumsi saat ini mengonsumsi barang lebih dari pada nilai guna dan nilai tukar saja tetapi mereka mengonsumsi simbol dan makna dari suatu barang. Tujuan dari individu mengonsumsi barang-barang dengan makna dan simbol tertentu akan menggambarkan prestise sebagai individu yang mempunyai identitas tinggi di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif merupakan metode untuk memahami fenomena yang di alami oleh suatu subjek penelitian. Penelitian kualitatif memiliki tujuan menggambarkan seutuhnya mengenai objek penelitian dengan ide, pendapat, serta kepercayaan yang tidak dapat dibuktikan dengan angka. Temuan penelitian merepresentasikan bahwa perubahan sosial ekonomi pasca pembangunan PLTA Upper Cisokan di Dusun Cimarel Desa Sukaresmi meningkat dari segi kepemilikan barang namun menurun secara pekerjaan pokok. Hal ini ditandai dengan kepemilikan kendaraan bermotor. Selain itu pekerjaan pokok mereka menurun yang dibuktikan dengan semakin banyaknya penduduk asli yang bekerja ke luar daerah dengan alasan sulitnya bersaing dengan kaum pendatang yang lebih memiliki kemampuan dalam bekerja di proyek PLTA Upper Cisokan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: perubahan sosial; ekonomi; masyarakat
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Iyep Tahudin
Date Deposited: 30 Sep 2020 06:38
Last Modified: 30 Sep 2020 06:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33933

Actions (login required)

View Item View Item