Peran pimpinan pondok pesantren dalam pengembangan dakwah : Penelitian deskriptif tentang peran pimpinan Pondok Pesantren YPI An-Nur Garut dalam pengembangan dakwah Kampung Karanganyar RT06/RW 01 Desa Mekarmulya Malangbong Garut

Fachrudin, Afifatu (2020) Peran pimpinan pondok pesantren dalam pengembangan dakwah : Penelitian deskriptif tentang peran pimpinan Pondok Pesantren YPI An-Nur Garut dalam pengembangan dakwah Kampung Karanganyar RT06/RW 01 Desa Mekarmulya Malangbong Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan, pesantren ikut bertanggung jawab dalam pencerdaskan bangsa dan merawat tradisi keagamaan (Islam) di Indonesia. Lebih dari itu, para santri setelah terjun ke masyarakat dan menyebar ke segala bidang kehidupan, maka dari itu kelengkapan pengetahuan sangatlah penting guna memberi bekal kepada para santri. Perkembangan pesantren selalu melahirkan unsur-unsur baru tanpa harus meninggalkan ataupun menghilangkan unsur yang sudah terbentuk. Terjadinya perubahan dan pengembangan atas unsur tersebut membuat pondok pesantren tersebut tetap eksis dan senantiasa berfungsi bagi pendidikan dan perubahan sosial. Pondok pesantren melakukan perngembangan dakwah dalam banyak aspek baik seperti misalnya kajian, program, dan sarana prasarana pendukung dan tentunya hal ini tidak lepas dari hasil peran seorang pimpinan dakwah di pesantren dalam memciptakan inovasi-inovasi sehingga menjadi lebih maju dan berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pimpinan pondok pesantren YPI An-Nur Garut dalam penentuan metode dan program pengembangan dakwah, kemudian untuk mengetahui bagaimana bentuk pelaksanaan dan evaluasi dalam kegiatan pengembangan dakwah pondok pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif karena metode ini dipandang relevan untuk menggali dan menganalisis fenomena yang terjadi secara empiris. Teknik penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis datanya menggunakan jenis analisis data kualitatif. Berdasarkan pengamatan dan analisis data penelitian yang dilakukan, diperoleh beberapa kesimpulan bahwa dalam peran pimpinan pondok pesantren dalam pengembangan dakwah, KH. Ahmad Badruddin dipandang sebagi seorang tokoh, pemimpin teladan, juga penghubung yang menggerakan pondok pesantren dan masyarakat. Dalam penentuan metode dalam peningkatan kualitas para da’i, menggunakan metode takror, bandongan, dan tarbiyatul mubalighin. Kemudian penentuan program yang dikembangkan, meliputi pengembangan pondok pesantren, madrasah, ekstrakulikuler di pesantren dan madrasah serta pembinaan dan pengembangan organisasi santri dan masyarakat. Bentuk pelaksanaan dan evaluasi kegiatan pengembangan dakwah yaitu tarbiyatul mubalighin adalah sebagai kegiatan yang wajib dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh santri memiliki beberapa mekanisme sendiri, diantaranya tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap pengawasan serta evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pimpinan; Pondok Pesantren; Pengembangan Dakwah
Subjects: Islam > Islamic Leaders
Islam > Da'wah
Religious Leaders Biography
Religious Leaders Biography > Islam Religious Leaders Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Afifatu Fachrudin
Date Deposited: 01 Oct 2020 06:54
Last Modified: 01 Oct 2020 06:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33927

Actions (login required)

View Item View Item