Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak siswa: Penelitian pada siswa kelas VIII di MTsN 4 Bandung Barat

Nursyipa, Siti (2020) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak siswa: Penelitian pada siswa kelas VIII di MTsN 4 Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya krisis moral bagi peserta didik di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari pola asuh orang tua dan prestasi belajar aqidah akhlak terutama siswa MTsN 4 Bandung Barat. Orang tua mempunyai tanggung jawab yang besar atas anak-anaknya. Prestasi yang dimiliki oleh siswa secara eksternal salah satunya dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Mata pelajaran aqidah akhlak sebagai cabang dari mata pelajaran Pendikan Agama Islam yang memiliki tujuan membangun akhlakul karimah bagi setiap siswa merupakan mata pelajaran yang sangat penting dipelajari. Oleh karena itu, peneliti termotivasi untuk melakukan penelitian apakah terdapat pengaruh dari pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak di sekolah pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Realitas pola asuh orang tua siswa kelas VIII di MTsN 4 Bandung Barat; (2) Realitas prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di MTsN 4 Bandung Barat; (3) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di MTsN 4 Bandung Barat. Penelitian ini berdasarkan antara lain pemikiran bahwa prestasi belajar di sekolah pada siswa dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Oleh sebab itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik pola asuh orang tua diterapkan, maka semakin tinggi prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak di sekolah pada siswa. Begitupun sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes, analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan statistika untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan (1) Realitas pola asuh orang tua terhadap siswa kelas VIII MTsN 4 Bandung Barat didominasi oleh pola asuh demokratis, dengan rata-rata 2,76 nilai rata-rata variabel X2 (Demokratis) berada dalam rentang 2,50-3,25.; (2) Realitas prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII MTsN 4 Bandung Barat berkategori cukup, berdasarkan hasil nilai PAS semester ganjil siswa dengan rata-ratanya 77, berada pada interval 71-80 dan termasuk ke dalam kategori cukup; (3) Pengaruh pola asuh terhadap prestasi belajar dapat dilihat dari hasil penghitungan, nilai sig yang diperoleh adalah 0,000 dan F hitung nya 24,734. Karena nilai F hitung (24,734) lebih besar dari F tabel (2,833) maka Ha diterima artinya pola asuh otoriter (X1), pola asuh demokratis (X2), dan pola asuh permisif (X3) secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi (Y).Besarnya pengaruh pola asuh terhadap prestasi belajar (Y) dapat ditunjukkan oleh nilai R square (koefisien determinasi). Berdasarkan hasil output software SPSS, nilai R square adalah 0,644 atau 64,4%. Artinya variabel pola asuh (X) memberikan pengaruh sebesar 64,4% terhadap prestasi (Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nur Syipa
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:17
Last Modified: 03 Jun 2021 03:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33897

Actions (login required)

View Item View Item