Pengaruh pembelajaran PAI terhadap motivasi siswa dalam melaksanakan Salat Zuhur berjama’ah: Penelitian pada Siswa SMPN 46 Bandung Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Herliani, Hilda (2020) Pengaruh pembelajaran PAI terhadap motivasi siswa dalam melaksanakan Salat Zuhur berjama’ah: Penelitian pada Siswa SMPN 46 Bandung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian didasarkan pada hasil observasi dan wawancara yang diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran PAI siswa di SMPN 46 Bandung ini sudah berjalan dengan cukup baik. Namun sebagian siswa masih kurang termotivasi atau tidak mengindahkan anjuran untuk melaksanakan salat zuhur berjama’ah. Padahal dalam pembelajaran PAI terdapat materi mengenai salat zuhur berjama’ah. Seharusnya jika mereka melaksanakan pembelajaran PAI dengan baik, mereka dapat termotivasi untuk salat berjama’ah. Tetapi pada kenyataannya, pada saat memasuki waktu zuhur mereka memiliki kegiatan masing-masing, ada yang bermain dengan temannya, jajan di kantin atau bahkan sibuk bermain gadget dan lain sebagainya. Hal tersebut menunjukkan adanya suatu kesenjangan sehingga timbul permasalahan. Lalu, muncul pertanyaan tentang adakah pengaruh antara pembelajaran PAI terhadap motivasi siswa dalam melaksanakan salat zuhur berjama’ah atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) proses pembelajaran PAI siswa di SMPN 46 Bandung; (2) motivasi siswa dalam melaksanakan salat zuhur berjama’ah di SMPN 46 Bandung; (3) pengaruh pembelajaran PAI terhadap motivasi siswa dalam melaksanakan salat zuhur berjama’ah di SMPN 46 Bandung. Hipotesis yang diajukan adalah pembelajaran PAI dapat meningkatkan motivasi siswa dalam melaksanakan salat zuhur berjama’ah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskripsi dengan jenis korelasional yang dimaksudkan untuk pemecahan masalah pada saat sekarang. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif yaitu observasi, wawancara, studi dokumen, dan kuantitatif berupa angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Realitas pembelajaran PAI siswa menunjukkan hasil yang positif dan menunjukkan kualifikasi baik dengan nilai akhir 3,92 yang berada pada skala 3,40 – 4,19; (2) Realitas motivasi siswa dalam melaksanakan salat zuhur berjama’ah menunjukkan kualifikasi tinggi dengan nilai akhir 4,1 yang berada pada skala 3,40 – 4,19; (3) hubungan antara keduanya adalah: (a) koefisien korelasinya senilai 0,58 yang termasuk pada interval koefisien 0,40 – 0,599 dengan interprestasi pada kategori sedang; (b) hipotesisnya ditolak yakni tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y, berdasarkan uji hipotesis yang menunjukkan nilai ttabel senilai 88,35 dan thitung sebesar 6,9. Ini menunjukan bahwa thitung < ttabel; (c) besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 34% artinya bahwa 66% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI; Motivasi; Shalat Zuhur
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hilda Herliani
Date Deposited: 29 Sep 2020 01:02
Last Modified: 29 Sep 2020 01:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33892

Actions (login required)

View Item View Item