Hubungan prestasi belajar kognitif mata pelajaran pendidikan Agama Islam dengan karakter islami siswa: Penelitian pada siswa kelas VII SMP Negeri 56 Bandung

Karimah, Muna (2020) Hubungan prestasi belajar kognitif mata pelajaran pendidikan Agama Islam dengan karakter islami siswa: Penelitian pada siswa kelas VII SMP Negeri 56 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan studi pendahuluan yang dilakukan penulis di SMP Negeri 56 Bandung dengan menginput nilai penilaian akhir semester mata pelajaran pendidikan agama Islam, diperoleh data mengenai prestasi belajar kognitif siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam masuk dalam kategori baik. Namun, ada beberapa siswa yang masih belum melaksanakan hal-hal yang berkaitan dengan karakter islami sebagai implementasi dari prestasi belajar kognitif mata pelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui: (1) Prestasi belajar kognitif mata pelajaran pendidikan agama Islam, (2) Karakter islami siswa, dan (3) hubungan prestasi belajar kognitif mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan karakter islami siswa kelas VII SMP Negeri 56 Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa materi mata pelajaran pendidikan agama Islam bukan hanya untuk dihafalkan, tetapi harus di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari yang akan membentuk karakter islami. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan yakni semakin baik tingkat prestasi belajar kognitif mata pelajaran pendidikan agama Islam maka akan semakin baik pula karakter islami siswa. Begitu pun sebaliknya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional atau korelasi. Penelitian ini menggunakan random sampling dengan melibatkan 26 siswa kelas VII di SMP Negeri 56 Bandung. Dalam teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui tes dan angket yang disebar melalui google form. Adapun analisis data menggunakan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar kognitif mata pelajaran pendidikan agama Islam termasuk pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 82,84 yang berada pada interval 80 – 100. (2) Karakter islami siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 4,21 yang berada pada interval 4,20 – 5,00. (3) Hubungan prestasi belajar kognitif mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan karakter islami siswa berkorelasi positif dan signifikan. Koefisien korelasi sebesar 0,53 termasuk pada kategori sedang atau cukup karena berada pada skala korelasi 0,40 ̶ 0,59. Hasil uji signifikansi koefisien korelasi menunjukkan rhitung > rtabel yaitu (0,53 > 0,388), diartikan bahwa hipotesis (H₀) ditolak dan hipotesis (H₁) diterima, dan koefisien determinasi mencapai 28% yang artinya masih ada faktor lain sebesar 72% yang dapat mempengaruhi karakter islami siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Kognitif; Karakter Islami
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muna Karimah
Date Deposited: 28 Sep 2020 08:45
Last Modified: 04 Nov 2020 07:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33871

Actions (login required)

View Item View Item