Tanggapan siswa terhadap penggunaN metode Bil Qalam hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Quran pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas X SMAN 1 Soreang, Kab. Bandung

Aisyah, Elsa (2020) Tanggapan siswa terhadap penggunaN metode Bil Qalam hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Quran pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas X SMAN 1 Soreang, Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian didasarkan pada hasil wawancara yang diperoleh informasi bahwa guru PAI telah menerapkan metode Bil Qolam yang mempunyai kelebihan menuntun dalam membaca ayat al-Qur’an. Namun pada kenyataannya kemampuan membaca al-Qur’an sebagian siswa masih rendah. Hal ini menunjukan adanya kesenjangan sehingga muncul pertanyaan tentang adakah hubungan antara penggunaan metode Bil Qolam dengan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tanggapan siswa mengenai penggunaan metode Bil Qolam (2) realitas kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an (3) hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Bil Qolam dengan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an pada mata pelajaran PAI dikelas X SMAN 1 Soreang. Penelitian ini bertolak pada pernyataan bahwa metode Bil Qolam memudahkan siswa dalam pembelajaran al-Qur’an, materi tajwidnya mudah dipahami, ringkas dan lengkap serta dapat diterapkan disemua kalangan masyarakat. Jika metode ini memudahkan siswa sudah seharusnya siswa dapat membaca al-Qur’an dengan baik. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Bil Qolam maka kemampuan membaca al-Qur’an siswa semakin baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskripsi yang dimaksudkan untuk pemecahan masalah pada saat sekarang, karena penelitian yang dilakukan penulis bertumpu pada masalah yang sedang berlangsung. Adapun teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi,wawancara, angket, tes lisan dan studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Bil Qolam menunjukan tanggapan positif dengan angka 3,48 yang berada pada interval 3,40 - 4,19 (2) kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an pada mata pelajaran PAI berkategori tinggi dengan nilai 80,28 yang berada pada interval 80,00 – 100,00 (3) hubungan antara penggunaan metode Bil Qolam dengan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an pada mata pelajaran PAI diperoleh korelasi sangat rendah dengan koefisien korelasi sebesar 0,17 berada pada skala 0,00 – 0,199. Untuk signifikan hubungan antara metode Bil Qolam dengan kemampuan membaca al-Qur’an diperoleh hasil thitung< ttabel dengan angka 1,22 < 2,00856. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan ditolak. Dengan demikian tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan metode bil qolam dengan kemampuan membaca al-Qur’an. Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 2% artinya bahwa 98% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Metode Bil Qolam, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bil Qaalam; Al Quran; PAI
Subjects: Education
Depositing User: elsa aisyah
Date Deposited: 28 Sep 2020 05:40
Last Modified: 28 Sep 2020 05:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33870

Actions (login required)

View Item View Item