Pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya : Penelitian di Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya

Awwaliyah, Diva Nur (2020) Pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya : Penelitian di Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu pendidikan islam tradisional ialah pondok pesantren. Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya menerapkan pendidikan dengan pendidikan pembelajaran kitab kuning. Dalam pembelajaran kitab kuning, santri pasti mengalami kesulitan dalam hal membaca dan memahami kitab kuning. Masalah pada umumnya, adalah terdapat khuruf arab gundul yang tidak memiliki harakat pada kitab kuningnya. Sehingga mempersulit santri dalam membaca dan memahami teks kitab kuning tersebut. Untuk mencapai keberhasilan pembelajaran kitab kuning (membaca dan memahami teks kitab kuning) membutuhkan waktu kurang lebih tiga tahun pembelajaran. Pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren miftahul huda terhitung cepat dalam keberhasilan pembelajarannya, sehingga menghasilkan alumni-alumni yang sukses menjadi seorang ulama dan tersebar keseluruh pelosok nusantara. Penulis tertarik pada proses pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) tujuan pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Huda. (2) proses pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Huda. (3) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Huda. (4) evaluasi pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Huda. Pembelajaran kitab kuning membutuhkan kesungguhan dalam mempelajarinya. Selain itu, faktor pendidik dan metode pembelajaran sangat mendukung terhadap ketercapaian pembelajaran kitab kuning. Hasil dari pembelajaran kitab kuning adalah bisanya santri dalam membaca teks kitab kuning dan memahami makna yang tercantum dalam kitab kuning tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan metode deskriptif. Adapun teknik yang digunakan adalah wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi serta sumber datanya yang berasal dari pengasuh, pengurus pondok, ustadz pengajar dan santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Tujuan pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren miftahul huda terbagi kedalam tiga, yaitu: a. memahami kaidah kitab kuning. b. memahami makna kitab kuning c. memahami implementasi kitab kuning. (2) Proses pelaksanaan pembelajaran, pada prosesnya terdapat ustadzah yang mengajarkan kitab kuning dengan metode yang membuat santri faham terhadap isi dari kitab kuning. (3) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat (4) Evaluasi pembelajaran kitab kuning, terbagi kedalam tiga, yaitu: a. evaluasi harian b. evaluasi semester c. evaluasi kenaikan kelas. Kata kunci : Pembelajaran, Kitab Kuning, Pendidikan Tradisional, Pondok Pesantren Miftahul Huda

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; kitab kuning
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Diva Nur Awwaliyah
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:47
Last Modified: 28 Sep 2020 08:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33869

Actions (login required)

View Item View Item