Hubungan aktivitas siswaiswa dalam mengikuti ekstrakurikuler keluarga remaja Islam Masjid Darul Ulum (GARIS MADU) dengan Akhlak mereka di Sekolah : Penelitian terhadap siswa di SMP Negeri 17 Bandung Jl. Pacuan Kuda, Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung

Jahroh, Ai Siti (2020) Hubungan aktivitas siswaiswa dalam mengikuti ekstrakurikuler keluarga remaja Islam Masjid Darul Ulum (GARIS MADU) dengan Akhlak mereka di Sekolah : Penelitian terhadap siswa di SMP Negeri 17 Bandung Jl. Pacuan Kuda, Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini berdasar pada studi pendahuluan yang telah dilakukan, yang mana masih banyak akhlak yang dimiliki oleh siswa di SMP Negeri 17 Bandung terhadap Allah SWT, akhlak terhadap sesama manusia dan terhadap lingkungannya masih kurang. Hal ini dipertegas oleh akhlak mereka di sekolah, seperti tidak mengikuti shalat berjamaah, kurangnya sopan santun terhadap guru, sesama teman dan masih ada siswa yang suka membuang sampah tidak pada tempatnya. Namun setelah saya melakukan observasi awal di SMP Negeri 17 Bandung, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keluarga remaja Islam Masjid Darul Ulum telah memberikan pengaruh yang sangat positif bagi siswa-siswa yang mengikutinya. Sehingga kegiatan ekstrakurikuler ini mengarahkan dan membimbing siswa-siswa untuk memiliki akhlakul karimah selain di sekolah juga dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keluarga remaja Islam Masjid Darul Ulum (Garis Madu), 2) Realitas akhlak siswa di sekolah, dan 3) Hubungan aktivitas siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler keluarga remaja Islam Masjid Darul Ulum (Garis Madu) dengan akhlak mereka di sekolah di SMP Negeri 17 Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasi serta menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik penelitian dalam penelitian ini yakni dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah siswa yang aktif dalam mengikuti ekstrakurikuler keluarga remaja Islam Masjid Darul Ulum (Garis Madu) di SMPN 17 Bandung dengan populasi berjumlah 105 siswa yang kemudian diambil 30% yakni sebanyak 31 siswa. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan teknik analisis parsial dan analisis korelasional. Dalam penelitian ini menunjukan hasil: (1) Aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keluarga remaja Islam Masjid Darul Ulum (Garis Madu) berkualifikasi sedang dengan nilai rata-rata 3,30, karena angka tersebut berada pada interval 2,51 - 3,50. (2) Akhlak siswa di SMP Negeri 17 Bandung, berkualifikasi baik yang mana nilai rata-rata 4,13 karena berada pada interval 3,51 – 4,50. (3) Hubungan aktivitas siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler keluarga remaja Islam Masjid Darul Ulum (Garis Madu) dengan akhlak mereka di sekolah, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,77, berada pada interval 0,60-0,799 yang artinya adalah korelasinya kuat. Hasil analisis kadar pengaruh korelasi Variabel X terhadap Variabel Y diperoleh sebesar 37%. Yang berarti aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keluarga remaja Islam Masjid Darul Ulum mempengaruhi akhlak siswa di sekolah sebesar 37% dan faktor lain 63% yang mempengaruhi akhlak siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Ekstrakurikuler; Garis Madu; Akhlak
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ai Siti Jahroh
Date Deposited: 28 Sep 2020 05:55
Last Modified: 29 Sep 2020 00:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33858

Actions (login required)

View Item View Item