Hubungan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam perspektif siswa dengan pengalaman ajaran agama Islam di sekolah : Penelitian pada siswa kelas X IPS 1 dan XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Purworejo Tahun 2019/2020 Kecamatan Loano Kapubaten Purworejo

Al-Mukhit, Achmad Bisri Nur Dwi (2020) Hubungan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam perspektif siswa dengan pengalaman ajaran agama Islam di sekolah : Penelitian pada siswa kelas X IPS 1 dan XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Purworejo Tahun 2019/2020 Kecamatan Loano Kapubaten Purworejo. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya UU. No.14 Tahun 2005 tentang kompetensi guru yang salah satunya adalah kompetensi kepribadian. Kompetensi tersebut sangat penting dimiliki oleh seorang guru PAI dalam perannya sebagai teladan, mengingat minimnya pengamalan ajaran agama Islam di kalangan siswa. Padahal, mata pelajaran PAI diajarkan untuk diamalkan. Penelitian terdiri dari variabel X dan Y dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam menurut perspektif siswa dengan pengamalan ajaran agama siswa di SMA Negeri 5 Purworejo yang menggunakan desain korelasi, metode deskriptif, pendekatan kuantitatif, dengan instrumen angket yang disebarkan kepada 55 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru-guru di SMA Negeri 5 Purworejo menurut perspektif siswa berada pada kategori tinggi sebesar 85,45%. Demikian halnya pengamalan ajaran agamanya berada pada kategori tinggi sebesar 81,82%. Hasil analisis product moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keduanya dalam kategori sedang sebesar 0,559 dengan model persamaan regresi Y=58,923+0,465x. Artinya semakin meningkat kompetensi kepribadian guru PAI, maka semakin meningkat pula pengamalan ajaran agama siswa dengan peningkatan sebesar 0,465. Besaran pengaruh yang diberikan oleh kompetensi guru terhadap pengamalan ajaran agama siswa sebagai hasil analisis koefisien determinasi adalah 31,2%. Bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengamalan ajaran agama siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi;Kepribadian Guru;Pengamalan Ajaran Agama;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Bisri Nur Dwi Al-Mukhit
Date Deposited: 28 Sep 2020 01:20
Last Modified: 28 Sep 2020 03:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33849

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item