Penerapan strategi Wankat-Oreovocz dalam peningkatan kemampuan literasi matematis dan self-regulated learning siswa: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Cikijing

Barkah, Muhamad Aris Syaiful (2020) Penerapan strategi Wankat-Oreovocz dalam peningkatan kemampuan literasi matematis dan self-regulated learning siswa: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Cikijing. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis dan self-regulated learning siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan strategi Wankat-Oreovocz lebih baik dari pembelajaran konvensional; (b) perbedaan peningkatan self-regulated learning siswa; (c) gambaran aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran Wankat-Oreovocz; (d) hambatan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematis. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Cikijing kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dan VIII-G sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasu eksperimen. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (b) terdapat perbedaan peningkatan skala sikap self-regulated learning antara siswa yang memperoleh pembelajaran Wankat-Oreovoz dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (c) gambaran aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz secara keseluruhan sudah terlaksana dengan baik, berlangsung sesuai dengan tahap-tahap yang tercantum dalam lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa; (d) secara keseluruhan siswa mengalami hambatan dan kesulitan dalam membaca informasi yang didapatkan dari soal, membayangkan ilustrasi gambar, dan mengkonstruk kedalam bentuk gambar telah diminimalisir dengan pembiasaan latihan soal non-rutin.. Dengan demikian, penerapan strategi Wankat-Oreovocz efektif dalam peningkatan kemampuan literasi matematis dan Self-Regulated Learning siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: wankat-oreovocz; literasi matematis; self-regulated learning
Subjects: Education, Research
Mathematics > Mathematicians
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhamad Aris Syaiful Barkah
Date Deposited: 28 Sep 2020 05:03
Last Modified: 28 Sep 2020 05:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33760

Actions (login required)

View Item View Item