Penerapan prinsip Good Governance pada Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Satuan Kerja Non Vertikal Tertetu Penyediaan Perumahan Jawa Barat

Nurjamilah, Siti (2020) Penerapan prinsip Good Governance pada Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Satuan Kerja Non Vertikal Tertetu Penyediaan Perumahan Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Terselenggaranya Good Governance merupakan prasyarat utama untuk mewujudkan pasrtisipasi masyarakat dalam menacapai tujuan dan cita-cita bangsa dan negara termasuk dalam hal pembangunan. Dalam rangka hal tersebut, diperlukan pembangunan dan penerapan sistem partisipasi, tarnsparansi, dan akuntabilitas yang tepat, jelas dan nyata sehingga program yang dijalankan dapat berlangsung sceara berdaya guna, berhasil guna (Efektif dan efisien), bersih dan bertanggungjawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prinsip Good Governance pada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya diterapkan dengan sempurna. Oleh karena itu Peneltian ini mengacu pada teori Prinsip Good Governance yang dikemukakan oleh Sedarmayanti sebagai acuan atas keberhasilan dari program BSPS tersebut yang meliputi Akuntabilitas, transparansi, partisipasi, efektifitas dan efisiensi. Metode peneltian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualtatif dengan pendekatan analaisis deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, studi kepustakaan, dan triangulasi. Dalam teknik analisis data peneliti menggunakan teori dari Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prisnip Good Governance yang meliputi Akuntabilitas, Transparansi,Partisiasi, Efektivitas dan efisiensi yang diterapkan pada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sudah cukup berhasil dalam penerapannya, namun dalam hal ini masih terdapat kekurangan untuk mencapai kata sempurna dalam menerapkannya tertama dalam hal (1) proses transparansi tidak semua pihak dilibatkan termasukpihak ketiga yaitu pihak material (2) patisipasi masyarakat yang terkadang tersendat dalam hal swadaya dan proses pembangunannya karena kurangnya Suber Daya Manusia nya sehingga tersendat proses target dari pembangunanya. Upaya yang harus diperbaiki oleh Program BSPS ini adalaheningkatka kualitasdari proses transparansi nya yang tidak hanya bergantung pada sosialisasi saja misalnya menyediakan web untuk menajngkau proses transparansi dengan mudah. Dan juga menentukan SDM yang bergerak dalam pembangunannya di tentukan dari awal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Good Governance;BSPS;SNVT
Subjects: Public Administration
Public Policy Issues in Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: siti nurjamilah
Date Deposited: 22 Dec 2020 02:26
Last Modified: 22 Dec 2020 02:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33750

Actions (login required)

View Item View Item