Pemahaman suami mengenai kewajiban suami dalam kitab Qurrah Al-‘Uyun dan hubungannya dengan penerapan PAI dalam keluarga: Penelitian pada jama’ah Majelis Taklim Al-Mubarokah

Subagja, Mailik (2020) Pemahaman suami mengenai kewajiban suami dalam kitab Qurrah Al-‘Uyun dan hubungannya dengan penerapan PAI dalam keluarga: Penelitian pada jama’ah Majelis Taklim Al-Mubarokah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di kalangan suami yang menjadi jama’ah di majelis taklim Al-Mubarokah. Di majelis taklim tersebut diadakan pengajian kitab Qurrah al-‘Uyun, yang mana didalamnya dibahas tentang kewajiban suami terhadap pendidikan agama bagi istrinya yang berkaitan dengan penerapan PAI dalam Keluarga mereka. Dari permasalahan tersebut timbul pertanyaan bagaimana realitas pemahaman suami terhadap kewajibannya dalam kitab Qurrah Al-‘Uyun, bagaimana realitas pendidikan agama Islam dalam keluarga pada jama’ah majelis taklim Al-Mubarokah dan bagaimana realitas hubungan antara pemahaman suami terhadap kewajibannnya dalam kitab Qurrah Al-‘Uyun dengan pendidikan agama Islam dalam keluarga. Tujuan penelitian ini Untuk (1) mengetahui realitas pemahaman suami mengenai kewajiban suami dalam kitab Qurrah al-‘Uyun di majelis taklim Al Mubarokah, (2) Untuk mengetahui realitas penerapan PAI dalam keluarga jama’ah majelis taklim Al-Mubarokah (3) Untuk mengetahui hubungan pemahaman suami mengenai kewajiban suami dalam kitab Qurrah al-‘Uyun dengan penerapan PAI dalam keluarga jama’ah majelis taklim Al-Mubarokah. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa pendidikan agama Islam dalam keluarga bisa dipengaruhi oleh pemahaman mereka terhadap kewajibannya untuk mendidik keluarganya seperti yang tertera dalam kitab Qurrah al-‘Uyun. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu korelasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan kualitatif yaitu observasi dan wawancara dan teknik pengumpulan kuantitatif yaitu berupa tes dan angket. Sedangkan metode analisis statistika dalam penelitian ini menggunakan statistik spearman (rank spearman) karena salah satu data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) realitas pemahaman suami mengenai kewajiban suami dalam kitab Qurrah Al-‘Uyun di majelis taklim Al-Mubarokah mendapat hasil positif dan berada pada kualifikasi sangat tinggi dengan nilai akhir 84,4 berada pada interval 80-100, (2) realitas penerapan PAI dalam keluarga pada jama’ah majelis taklim Al-Mubarokah menunjukan kualitas sedang dengan nilai akhir 3,27 pada interval 2,60-3,39, (3) hubungan antara keduanya adalah: (a) koefisien korelasinya senilai 0,08 dengan interpretasi tidak ada hubungan diantara keduanya (b) hipotesis ditolak yakni tidak terdapat hubungan yang signifikan antara vatiabel X dan Y. (c) Besarnya pengaruh Variabel X terhadap variabel Y adalah 1% artinya bahwa 99% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kewajiban Suami; Kita Al Uyun; Majelis Taklim
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Malik Subagja
Date Deposited: 24 Sep 2020 04:24
Last Modified: 24 Sep 2020 09:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33701

Actions (login required)

View Item View Item