Pemanfaatan dana zakat produktif dalam upaya meningkatkan tingkat pendapatan mustahik di Baznas Kabupaten Sumedang Tahun 2018

Sidik, Wildan Romadhona Maulana (2020) Pemanfaatan dana zakat produktif dalam upaya meningkatkan tingkat pendapatan mustahik di Baznas Kabupaten Sumedang Tahun 2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy

Abstract

Zakat produktif merupakan zakat pemberian yang dapat membuat penerima zakatnya menghasilkan suatu yang bermanfaat secara terus menerus. Namun sebaliknya, permasalahan yang dihadapi Baznas Kabupaten Sumedang dalam kurang begitu efektif karena kondisi faktual menunjukan masih terdapat mustahik yang belum bisa memanfaatkan dana zakat produktif tersebut. Karena masih terdapat mustahik yang rendah dalam pendapatanya bahkan tidak ada perubahan status ekonomi mustahik itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur penyaluran dana zakat produktif yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten Sumedang, untuk menganalisa pendapatan mustahik sebelum dan sesudah menerima dana zakat produktif, dan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan dana zakat produktif di Baznas Kabupaten Sumedang Zakat produktif merupakan zakat pemberian yang dapat membuat penerima zakatnya menghasilkan suatu yang bermanfaat secara terus menerus dengan harta zakat yang telah diterimanya dan meningkat dari segi produktifitas. Dana tersebut digunakan dan dikembangkan untuk menunjang usaha para mustahik dan membuahkan hasil yang dapat memenuhi kebutuhan mereka secara terus-menerus. Zakat produktif bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi mustahik, dengan adanya dana zakat produktif tersebut secara perlahan-lahan dapat merubah mustahik menjadi muzakki sehingga dapat mengentaskan kemiskinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kombinasi atau campuran (Mixed Methods) dengan spesifikasi Field Research, jenis data yang digunakan adalah sekunder dan primer. Pengambilan sample responden dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling, sample yang diambil sebanyak 21 responden dengan menggunakan metode analisis data uji paired samples t-test. Adapun untuk pengolahan data menggunakan output IBM SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prosedur yang digunakan oleh Baznas Kabupaten Sumedang dalam penyaluran zakat yang pertama calon mustahik mengusulkan diri secara pribadi maupun kelompok, kemudian dilakukan verifikasi lapangan oleh pihak Bazans, setelah itu hasil dari verifikasi dijadikan dasar pimpinan untuk mengambil skala prioritas, setelah itu penyerahan bantuan modal kepada musthaik. Berdasarkan hasil uji paired samples t-test nilai t hitung adalah sebesar -9. 156 hal ini menunujukan adanya perbedaan profil pendapatan dikalangan mustahik sebelum dan sesudah menerima dana zakat produktif karena nilai signifikan < 0.05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: zakat;zakat produktif;baznas kabupaten sumedang;mustahik
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Fitrah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Pendapatan, Zakat Profesi
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Bisnis Syariah dan Perbankan Syariah
Depositing User: Wildan Romadhona Maulana Sidik
Date Deposited: 22 Sep 2020 02:31
Last Modified: 22 Sep 2020 02:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33653

Actions (login required)

View Item View Item