Peran bimbingan spiritual dalam mengatasi perilaku siswa yang berpacaran: Studi kasus di SMA Karya Pembangunan 3 Paseh kab Bandung Jawa barat

Eli Aliyanti, Heti (2019) Peran bimbingan spiritual dalam mengatasi perilaku siswa yang berpacaran: Studi kasus di SMA Karya Pembangunan 3 Paseh kab Bandung Jawa barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya perilaku siswa yang melakukan pacaran di sekolah yang tidak pantas dilakukan pada usianya. Perilaku pacaran yang dilakukan oleh siswa SMA Karya Pembangunan 3 Paseh meliputi, sering menghabiskan waktu berduaan saat jam pelajaran dan diluar jam pelajaran, bahkan sering kali bolos sekolah dan pergi bermain bersama pasangannya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran bimbingan spiritual dalam mengatasi perilaku siswa yang berpacaran di SMA Karya Pembangunan 3 Paseh. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK, guru agama, dan siswa kelas XII. Objek dalam penelitian ini adalah peran bimbingan spiritual dalam mengatasi perilaku berpacaran siswa SMA Karya Pembangunan 3 Paseh. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dimana data yang didapat disusun kemudian di klarifikasi dan ditarik kesimpulan sehingga mampu menjawab rumusan maslah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bimbingan spiritual yang digunakan untuk mengatasi perilaku siswa yang berpacaran di SMA Karya Pembangunan 3 Paseh adalah metode komunikasi individual yaitu percakapan yang hanya dilakukan oleh pembimbing dan terbimbing (siswa) dan metode ceramah yang dilakukan secara kelompok dimana metode ceramah ini membahas berbagai materi mengenai ajaran-ajaran agama Islam yang meliputi, fikih, akhlak dan akidah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan spiritual; Perilaku pacaran;
Subjects: Criminology > Prevention of Crime and Delinquency
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Heti Eli Aliyanti
Date Deposited: 22 Sep 2020 00:42
Last Modified: 22 Sep 2020 01:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33642

Actions (login required)

View Item View Item