Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kolaborasi hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian di kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Bandung

Hastuti, Enok Sri (2020) Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kolaborasi hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian di kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftraisi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh keterangan bahwa di SMP Muhammadiyah 10 Bandung, diperoleh informasi dari guru mata pelajaran PAI bahwa fakta yang ada mengenai penggunaan model pembelajaran PAI sudah diterapkan di sekolah tersebut, namun pada kenyataannya tidak semua siswa mengikuti proses pembelajaran dengan baik dikarenakan masih adanya siswa yang tidak berkontribusi dan bekerja sama dalam proses pembelajaran yang diberikan oleh guru. Hal ini menunjukan adanya kesenjangan diantara dua sisi, yang satu sisi respon nya baik tetapi di sisi lain diperoleh adanya sisi buruk atau kurang nya motivasi untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kolaborasi di kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Bandung. 2) Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Bandung. 3) Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kolaborasi dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Bandung. Berdasarkan teori yang ada bahwa motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya tanggapan mereka terhadap penggunaan model pembelajaran yang digunakan, termasuk model pembelajaran kolaborasi. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara penggunaan model pembelajaran kolaborasi dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu angket, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Analisis data kualitatif dengan menggunakan pendekatan pendekatan logika dan data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kolaborasi termasuk dalam kategori positif. Hal ini berdasarkan rata-rata keseluruhan indikator sebesar 3,92. Angka tersebut terdapat pada kategori positif karena berada pada skala 3,5 – 4,5. 2) Motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini berdasarkan rata-rata keseluruhan indikator sebesar 3,67. Angka tersebut terdapat pada kategori tinggi karena berada pada skala 3,5 – 4,5. 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kolaborasi hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Bandung diperoleh korelasi sangat rendah dengan koefesien korelasi sebesar 0,15 berada pada skala 0,00-1,99. Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kolaborasi; Motivasi Belajar; PAI; Siswa;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Enok Sri Hastuti
Date Deposited: 22 Sep 2020 06:50
Last Modified: 22 Sep 2020 06:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33622

Actions (login required)

View Item View Item