Strategi pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam meningkatkan citra perusahaan melalui program budidaya maggot: Analisis deskriptif pada divisi CSR PT Bio Farma

Hasanah, Mita Nurul (2020) Strategi pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam meningkatkan citra perusahaan melalui program budidaya maggot: Analisis deskriptif pada divisi CSR PT Bio Farma. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : PT Bio Farma (Persero) merupakan BUMN produsen vaksin dan antisera terbesar di Asia Tenggara dan saat ini aktif menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang sesuai dengan nilai perusahaan yaitu mensejahterakan masyarakat dan melestarikan lingkungan, salah satunya melalui program budidaya maggot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam meningkatkan citra perusahaan melalui program budidaya maggot mulai dari social mapping (pemetaan sosial), konsep dan rancangan program sampai pada kegiatan sosialisasi program. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori citra, teori ini dipilih karena mampu mengkonstruksikan secara holistik proses pengelolaan CSR dalam meningkatkan citra perusahaan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivistik yang bertujuan untuk memaknai makna-makna yang diungkapkan informan yang tidak dapat digeneralisir. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian secara utuh dan menyeluruh dalam bentuk kata-kata pada suatu fenomena. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam meningkatkan citra perusahaan melalui program budidaya maggot. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam meningkatkan citra perusahaan melalui program budidaya maggot dimulai dengan social mapping untuk menghimpun data dan fakta dilapangan yang mengacu kepada komponen penting berupa potensi sosial ekonomi dan permasalahan yang ada di masyarakat, kemudian dari data tersebut dibuatlah konsep dan rancangan berdasarkan perencanaan dan pelaksanaan program, terakhir dilakukan kegiatan sosialisasi yang mengacu kepada pendekatan komunikasi kelompok dan media sosisal. Proses pelaksanaan dan sosialisasi program budidaya maggot bekerjasama dengan pihak eksternal untuk membantu CSR PT Bio Farma (Persero) dalam hal teknis yaitu komunitas pecinta alam dan penggiat lingkungan yaitu KABUT (Komunitas Bandung Utara). Strategi pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam meningkatkan citra perusahaan melalui program budidaya maggot ini dirasakan cukup efektif dalam mengenalkan program perusahaan kepada masyarakat, sehingga cukup efektif dalam meningkatkan citra PT Bio Farma (Persero). ENGLISH : PT Bio Farma (Persero) is the largest state-owned vaccine and antisera producer in Southeast Asia and is currently actively running a Corporate Social Responsibility (CSR) program in accordance with company values, namely the welfare of society and preserving the environment, one of which is through the maggot cultivation program. This study aims to determine the management strategy of Corporate Social Responsibility (CSR) in improving the company's image through maggot cultivation starting from social mapping (social mapping), concept and program design to program socialization activities. The theory used in this research is image theory, this theory was chosen because it is able to holistically construct the CSR management process in improving the company's image. The paradigm used in this study is constructivist which aims to interpret the meanings expressed by informants that cannot be generalized. The approach used is a qualitative approach that aims to understand the phenomena experienced by the research subject as a whole and comprehensively in the form of words on a phenomenon. The method used in this research is descriptive analysis which aims to describe how the Corporate Social Responsibility (CSR) management strategy is to improve the company's image through the maggot cultivation program. The data collection techniques used were observation and in-depth interviews. The results showed that the management strategy of Corporate Social Responsibility (CSR) in improving the company's image through the maggot cultivation program begins with social mapping to collect data and facts in the field that refers to important components in the form of socio-economic potential and problems in society, then the data is made. concept and design based on program planning and implementation, lastly carried out socialization activities that refer to the group communication approach and social media. The process of implementing and socializing the maggot cultivation program in collaboration with external parties to help PT Bio Farma (Persero) 's CSR in technical matters, namely the community of nature lovers and environmental activists, namely KABUT (North Bandung Community). The Corporate Social Responsibility (CSR) management strategy in improving the company's image through the maggot cultivation program is felt to be quite effective in introducing the company's program to the community, so it is quite effective in enhancing the image of PT Bio Farma (Persero).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Corporate Social Responsibility (CSR); Citra
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Mita Nurul Hasanah
Date Deposited: 21 Sep 2020 01:09
Last Modified: 21 Sep 2020 01:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33600

Actions (login required)

View Item View Item