Praktik pengobatan Thibbun Nabawi dengan cara bekam, herbal dan terapi komplementer pada penderita penyakit kronis : Kajian living hadīs di Balai Pengobatan Rumah Sehat Cordova, Tawang, Tasikmalaya

Alawiah, Neli (2020) Praktik pengobatan Thibbun Nabawi dengan cara bekam, herbal dan terapi komplementer pada penderita penyakit kronis : Kajian living hadīs di Balai Pengobatan Rumah Sehat Cordova, Tawang, Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5_ BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Praktik pengobatan thibbun nabawī merujuk kepada sunnah Nabi SAW yang dipraktikkan dari waktu ke waktu sehingga mengalami perkembangan. Skripsi ini menggunakan metode living hadis untuk meneliti praktik pengobatan thibbun nabawī. Perlu adanya pengetahuan tentang praktik yang dilakukan oleh masyarakat dan hubungannya dengan hadīs Nabi SAW. Permasalahan pertama adalah bagaimana praktik pengobatan dengan thibbun nabawī di Rumah Sehat Cordova Tasikmalaya dan hubungannya dengan hadīs Nabi SAW? Kedua, bagaimana pemahaman masyarakat yang melakukan terapi di tempat tersebut terhadap praktik thibbun nabawī? Penelitian living hadīs ini menggunakan metode deskriptif-analisis dengan pendekatan antropologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dan dideskripsikan secara objektif tanpa dibuat-buat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman masyarakat terhadap praktik pengobatan dengan thibbun nabawī di Rumah Sehat Cordova, Tawang, Tasikmalaya, berdasarkan tuntunan pada hadīs Nabi SAW. Mengetahui nilai hadīs yang hidup dimasyarakat tentang cara pengobatan yang dilakukan oleh terapis dan pasien di tempat tersebut. Diperlukan kajian living hadīs dengan pendekatan antropologi agar dapat dihasilkan konsep yang komprehensif mengenai nilai hadīs dan praktik pengobatan cara Nabi SAW. Penelitian ini menghasilkan dua temuan, yaitu menyimpulkan tentang pemahaman masyarakat terhadap hadīs, serta adanya nilai hadīs yang hidup dalam praktik pengobatan dengan thibbun nabawī di Rumah Sehat Cordova. Masyarakat yang datang ke Rumah Sehat Cordova untuk mengobati penyakit atau pun merawat tubuh, menyadari akan pentingnya menjaga kondisi fisik dan psikis agar tidak diserang penyakit yang membahayakan. Sehingga, aktivitas sehari-hari yang dilakukan dapat menghasilkan manfaat yang maksimal dalam kehidupan. Praktik pengobatan yang dilakukan sesuai dengan ajaran Nabi SAW dan makna cara pengobatan di Rumah Sehat Cordova tersebut tidak ada ritual khusus dan bacaan doa yang menyimpang dari ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Thibbun Nabawī;Living Hadīs;Medis;Sunnah.
Subjects: Al-Hadits dan yang Berkaitan
Pharmacology and Therapeutics > Methods of Administering Medication
Diseases
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: Neli Alawiah
Date Deposited: 22 Sep 2020 02:52
Last Modified: 22 Sep 2020 02:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33573

Actions (login required)

View Item View Item