Pemahaman santri terhadap kitab Sulam At-taufiq pasal Ma’asil Qolbi (maksiat hati) hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari : Penelitian di pondok pesantren Miftahul Jannah Cililin

Fadilah, M. Irfan (2020) Pemahaman santri terhadap kitab Sulam At-taufiq pasal Ma’asil Qolbi (maksiat hati) hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari : Penelitian di pondok pesantren Miftahul Jannah Cililin. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi dikalangan santri Ponpes Miftahul Jannah Cililin, yakni timbulnya kesenjangan antara pemahaman santri terhadap pasal ma’asil qolbi (maksiat hati) dengan akhlak mereka sehari-hari yang masih rendah. Kesenjangan ini menimbulkan permasalahan yang berkaitan dengan bagaimana realitas pemahaman santri tentang pasal ma’asil qolbi, bagaimana realitas akhlak santri sehari-hari dan bagaimana realitas hubungan antara pemahaman santri dengan akhlak mereka. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui realitas pemahaman santri terhadap kitab Sullam At-Taufiq pasal ma’asil qolbi (maksiat hati), (2) realitas akhlak mereka sehari-hari dan (3) realitas hubungan antara pemahaman santri terhadap kitab sulam at-taufiq pasal ma’asil qolbi (maksiat hati) dengan akhlak mereka sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif yang dimaksudkan untuk pemecahan masalah pada saat sekarang. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif yaitu observasi, wawancara, studi dokumenter, dan kuantitatif berupa tes dan angket. Sedangkan untuk metode analisis statistika yang digunakan adalah statistik spearman (rumus rank), karena kedua variabel berdistribusi tidak normal. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Realitas pemahaman santri terhadap kitab sulam at-taufiq pasal ma’asil qolbi (maksiat hati) mendapat hasil yang positif dan menunjukkan kualitas sangat tinggi dengan nilai akhir 4,6 yang berada pada skala 4,20 – 5,00; (2) Realitas akhlak mereka sehari-hari menunjukkan kualitas rendah dengan nilai akhir 3,16 yang berada pada skala 2,60 – 3,39; (3) hubungan antara keduanya adalah: (a) koefisien korelasinya senilai 0,344 yang termasuk pada interval koefisien 0,20 – 0,399 dengan interprestasi pada tingkat rendah; (b) hipotesisnya diterima yakni tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y, berdasarkan uji hipotesis yang menunjukkan nilai ttabel senilai 26,6 dan thitung sebesar 19,41. Ini menunjukan bahwa thitung < ttabel; (c) besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 6% artinya bahwa ada 94% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kitab Sulam At-Taufiq; maksiat hati; akhlak;
Subjects: Islam
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Kitab-kitab Allah
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M IRFAN FADILAH
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:57
Last Modified: 28 Dec 2020 05:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33555

Actions (login required)

View Item View Item