Perbandingan profitabilitas perusahaan yang terdaftar melakukan merger dan akuisisi pada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU RI): Studi pada perusahaan non lembaga Keuangan di BEI Periode 2010-2018

Fitriani, Venita (2020) Perbandingan profitabilitas perusahaan yang terdaftar melakukan merger dan akuisisi pada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU RI): Studi pada perusahaan non lembaga Keuangan di BEI Periode 2010-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1)_Cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2)_ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3)_DAFTAR ISI.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4)_BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5)_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6)_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7)_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8)_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9)_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Merger dan akuisisi merupakan penggabungan usaha yang dilakukan untuk menambah nilai perusahaan dan memperoleh sinergi positive bagi perusahaan. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada kalanya kenyataan tidak berjalan seperti yang diduga. Hal ini berarti bahwa belum tentu perusahaan akan mengalami perubahan kinerja keuangan sebelum dan sesudah melakukan merger dan akuisisi. adanya ketidaksesuaian tersebut tentunya memicu suatu permasalahan yang perlu diidentifikasi antara teori, dugaan dan kenyataan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji apakah merher dan akuisisi mampu memberikan perbedaan signifikan kearah yang lebih baik bagi perusahaan atau sebaliknya. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kinerja keuangan yang diukur dengan rasio profitabilitas yang terdiri dari Net Profit Margin, Return On Asset dan Return On Equity. Sumber data yang digunakan adalah sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan yang telah dipublikasikan secara umum. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu jenis kuantitatif. Kemudian menggunakan analisis deskriptif dan analisis komparatif. Penggunaan sampel yang dipilih dengan cara purposive sampling yaitu sampel diambil melalui beberapa syarat tertentu. Sampel yang memenuhi syarat adalah PT. Modern Realty, PT. Hanson Internasional, PT. Agung Podomoro Land, PT. Astra Internasional, PT. Astra Agro Lestari dan PT. XL Axiata dengan rentang waktu 2010-2018. Analisis komparatif yang dilakukan adalah menggunakan uji Wilcoxon signed Rang T-Test melalui SPSS 20. Bwedasarkan hasil perhitungan Wilcoxon signed Rang T-Test dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan yang terjadi pada ketiga rasip profitabilitas dengan hasil signifikasin yang diperoleh masing-masing sebesar 0,042 untuk NPM, 0,000 untuk ROA dan 0,014 untuk ROE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: NPM; ROE; ROA; Merger dan Akuisisi;
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Venita Fitriani
Date Deposited: 18 Sep 2020 02:32
Last Modified: 18 Sep 2020 02:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33522

Actions (login required)

View Item View Item