Penerapan model Orientation, Representation, Investigation, Presentation, and Analysis (OR-IPA) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi

Astuti, Windi Widia (2020) Penerapan model Orientation, Representation, Investigation, Presentation, and Analysis (OR-IPA) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran dan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan diterapkannya model OR-IPA dan model Problem Based Learning (PBL) pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian ini kuasi-eksperimen desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dari kelas XI MIPA 1 dan MIPA 2 SMAN 1 Bantarujeg sebanyak 25 peserta didik dari setiap kelas. Kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan model OR-IPA dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan model PBL. Instrumen penelitian berupa LKPD, lembar SAS, dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan perhitungan lembar SAS, N-Gain, dan uji . Hasil penelitian menunjukan persentase keterlaksanaan model OR-IPA 76% interpretasi efektif, begitupun dengan model PBL pada kategori efektif 72%. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen pada kategori tinggi yaitu 0,71 dan kelas kontrol kategori sedang 0,59. Hasil uji t diperoleh , sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diterapkan dengan model OR-IPA dan PBL pada materi gelombang bunyi di kelas XI MIPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model OR-IPA; Model PBL; Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Windi Widia Astuti
Date Deposited: 17 Sep 2020 01:47
Last Modified: 17 Sep 2020 01:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33493

Actions (login required)

View Item View Item