Pengelolaan digital Public Relations melalui media internal kontak PT Kereta Api Indonesia; Studi deskriptif kualitatif pada PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Hanifa, Nurul (2020) Pengelolaan digital Public Relations melalui media internal kontak PT Kereta Api Indonesia; Studi deskriptif kualitatif pada PT Kereta Api Indonesia (Persero). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy

Abstract

Media Internal Kontak merupakan sebuah media informasi yang dikelola oleh Humas PT Kereta Api Indonesia yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada seluruh publik internal PT Kereta Api Indonesia terkait informasi, pengumuman serta kebijakan yang berkaitan dengan perusahaan. Humas PT Kereta Api Indonesia dalam hal ini berperan aktif untuk memberikan kontribusi terhadap kegiatan pengelolaan konten yang ada pada Media Internal Kontak dikarenakan Humas merupakan bagian dari sebuah manajemen yang berada pada institusi atau perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan Digital PR yang dilakukan oleh Humas PT Kereta Api Indonesia pada Media Internal melalui lima tahapan yaitu planning, organizing, communicating, controlling dan evaluating. Konsep yang digunakan yaitu Fungsi Manajemen Humas Rosady Ruslan yang didalamnya terdapat lima langkah proses pengelolaan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dan pendekatan interpretif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Digital PR pada Media Internal Kontak melalui lima tahapan, yaitu (1) planning yaitu merencanakan tujuan dengan membuat perencanaan taktis yang dikategorisasikan menjadi penentuan rubrik pada Media Internal Kontak, penentuan PIC dan penentuan tema setiap edisi Media Internal Kontak yang akan diterbitkan. (2) organizing dengan melakukan staffing (pembagian kerja) kepada seluruh individu yang terlibat dalam pembuatan konten Media Internal Kontak. (3) communicating yakni dilakukan dengan memanfaatkan beberapa media diantaranya, portal internal E-office, Corporate Email dan Whatsapp untuk publikasi Media Internal Kontak kepada publik internal. (4) controlling dengan cara melakukan pengawasan bersifat internal yang dikategorisasikan berupa pengawasan konten, juga menampung saran dan kritik dari pembaca. (5) evaluating dengan cara menyewa jasa konsultan humas, melakukan evaluasi bulanan, dan juga melaksanakan evaluasi tahunan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Humas PT Kereta Api Indonesia telah melaksanakan pengelolaan digital public relations melalui media internal Kontak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; digital public relations; PT Kereta Api Indonesia; media internal
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Process > Coordination and Control
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nurul Hanifa
Date Deposited: 17 Sep 2020 06:17
Last Modified: 17 Sep 2020 06:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33486

Actions (login required)

View Item View Item