Pengaruh Quick Ratio (QR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Bank Central Asia (BCA) Syariah periode 2015-2018

Asyifa, Rudlotul Jannah Fajriyati (2020) Pengaruh Quick Ratio (QR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Bank Central Asia (BCA) Syariah periode 2015-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan dalam hal ini Bank Syariah adalah dengan mengukur kemampuan bank dalam menghasilkan laba dari kegiatan operasi pokoknya. Hal ini dapat ukur dengan menggunakan Net Profit Margin (NPM). Beberapa hal dapat mempengaruhi Net Profit Margin (NPM), diantaranya yaitu terdiri dari laba bersih dan pendapatan operasioanal. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti Pengaruh Quick Ratio (QR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Net Profit Margin (NPM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Quick Ratio (QR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM), (2) pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM), dan (3) pengaruh Quick Ratio (QR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) secara simultan terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Bank Central Asia (BCA) Syariah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data sekunder berupa laporan keuangan PT. BCA Syariah periode 2015-2018 yang berasal dari halaman website yang disediakan oleh Bank Central Asia (BCA) Syariah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi, kepustakaan, dan browser. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedasitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi), analisis kuantitatif (analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis, koefisien determinasi, uji signifikansi uji t (parsial) dan uji signifikansi uji F (simultan). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan cara perhitungan secara manual dan menggunakan SPSS for Windows 20.0 untuk memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Quick Ratio (QR) secara parisal terbukti berpengaruh negatif tdiak signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) dengan hasil uji hipotesis thitung ≤ ttabel yaitu –4,447 ≤ 2,145 maka dapat dirumusan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak (2) Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial terbukti berbengaruh negatif tidak signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) dengan hasil hipotesis thitung ≤ ttabel yaitu –2,170 ≤ 2,145, maka dapat dirumusan bahwa Ha ditolak dan H0 diterima (3) Quick Ratio (QR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) dibuktikan berdasarkan hasil pengujian hipotesis uji F secara simutan Fhitung ≥ Ftabel yaitu 14,539 ≥ 3,81 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Quick Ratio (QR), Financing to Deposit Ratio (FDR), Net Profit Margin (NPM)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Quick Ratio (QR); Financing to Deposit Ratio (FDR); Net Profit Margin (NPM)
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Roudlotul Jannah Fajriyati Asyifa
Date Deposited: 24 Sep 2020 04:27
Last Modified: 24 Sep 2020 04:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33448

Actions (login required)

View Item View Item