Objektivitas berita dalam pemberitan RUU KUHP : Studi deskriptif objektivitas pemberitaan penolakan RUU KUHP pada Ayobandung.com

putri, regina rizkia (2020) Objektivitas berita dalam pemberitan RUU KUHP : Studi deskriptif objektivitas pemberitaan penolakan RUU KUHP pada Ayobandung.com. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (cover)
cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAKPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Media Ayobandung.com ini telah didukung oleh pihak Google untuk memberitakan berita lokal Bandung hingga tahap RW. Tak dapat dipungkiri bahwa media online khusunya Ayobandung.com pun mengandalkan kecepatan dalam mempublish suatu berita. Dengan adanya adu cepat pemberitaan ini dapat membawa dampak yang serius yaitu terkait akurasi suatu berita. Dengan berlandaskan kecepatan publish sebuah berita, seringkali objektivitas berita masih terabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui bagaimana objektivitas media Ayobandung.com terkait netralitas, faktualitas dan imparsialitas dalam pemberitaan terkait aksi penolakan RUU KUHP yang terjadi pada tahun lalu tepatnya pada bulan September. Penelitian ini mengacu pada konsep objektivitas berita Dennis MCQuail yang digunakan untuk melihat dan menilai netralitas, faktualitas dan imparsialitas suatu berita. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan agar peneliti dapat lebih mudah menggambarkan fakta-fakta secara sistematis dan detail serta apa adanya sesuai dengan data dan fakta yang penelti dapatkan selama penelitian. Adapun hasil penelitian yang dilakukan terhadap berita aksi penolakan RUU KUHP menghasilkan bahwa media Ayobandung.com dinilai menerapkan dan menjaga nilai objektivitas berita. Seperti netralitas yang dinilai dari isi sajian berita yang diterbitkan oleh Ayobandung.com, sudah melaporkan berita dengan apa adanya serta tidak adanya penambahan opini dari wartawan dalam setiap pemberitaannya. Sedangkan faktualitas dapat dinilai melalui kebenaran fakta dan ketuhuan berita yang dilaporkan oleh media Ayobandung.com serta disetiap berita yang diterbitkan oleh media Ayobandung.com terdapat unsur 5W 1H. Sementara imparsialitas suatu berita dapat dinilai melalui sajian isi berita dan sikap wartawan dalam pemberian akses dan kesempatan yang sama secara proporsional terhadap pihak-pihak penting yang terlibat dalam pemberitaan terkait aksi penolakan RUU KUHP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Objektivitas berita; Berita; Media Online;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Communications Telemunications
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Regina Rizkia Putri
Date Deposited: 16 Sep 2020 07:42
Last Modified: 16 Sep 2020 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33445

Actions (login required)

View Item View Item