Tanggapan siswa terhadap fungsi guru sebagai fasilitator hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri Jatinangor

Kurniawan, Muhammad Iqbal (2020) Tanggapan siswa terhadap fungsi guru sebagai fasilitator hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri Jatinangor. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan permasalahan bahwa guru Pendidikan Agama Islam menunjukan oposisinya terhadap tanggung jawab sebagai fasilitator pendidikan, akan tetapi ternyata tidak diikuti dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini terlihat, masih ada siswa yang masih acuh tak acuh dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa terhadap fungsi guru sebagai fasilitator di SMA Negeri Jatinangor, 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Jatinangor, dan 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap fungsi guru sebagai fasilitator dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa motivasi belajar siswa berhubungan dengan tanggapan mereka terhadap fungsi guru sebagai fasilitator. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan, semakin baik tanggapan siswa terhadap fungsi guru sebagai fasilitator maka semakin baik pula motivasi belajar mereka pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi yaitu penelitian yang menggunakan uji statistik untuk menentukan kecendrungan atau pola dua variabel data yang bervariasi secara konsisten. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Tanggapan siswa terhadap fungsi guru sebagai fasilitator termasuk kategori tinggi. Hal ini berdasarkan bahwa persepsi siswa terhadap fungsi guru sebagai fasilitator sangatlah baik. berdasarkan nilai rata-rata 3,96 yang berada pada interval (3,40-4,19). (2) Motivasi belajar siswa termasuk kategori tinggi, berdasarkan nilai rata-rata 3,9 yang berada pada interval (3,5-4,5). (3) Adapun hubungan variabel X dan variabel Y berkorelasi tinggi, berdasarkan angka 0,96 berada pada interval (0,81-1,00). Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa: thitung = 12,34 > ttabel = 0,544 Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang siginifikan antara kedua variabel penelitian ini dan memiliki pengaruh sebesar 72% atau 0,72 yang berada diantara kriteria nilai (0,61-0,80) tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Guru; Fasilisator; Motivasi;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Iqbal Kurniawan
Date Deposited: 16 Sep 2020 00:52
Last Modified: 16 Sep 2020 00:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33417

Actions (login required)

View Item View Item