Pengaruh intensitas penggunaan media sosial instagram dan prestasi belajar PAI terhadap tingkat religiusitas : Penelitian di kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk

Bilqis, Lira Alifah (2020) Pengaruh intensitas penggunaan media sosial instagram dan prestasi belajar PAI terhadap tingkat religiusitas : Penelitian di kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy

Abstract

Religiusitas merupakan cerminan perilaku seseorang yang memahami pengetahuan keaagamaan dalam kesehariannya. Di mana religiusitas ini bertujuan untuk menjadikan manusia yang selalu patuh pada perintah-Nya serta larangan- Nya. Berdasarkan studi pendahuluan di kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk, masih ditemukan siswa/I yang belum mencerminkan dan menerapkan pemahaman keagamaanya. Padahal pada realitanya mereka sudah di bekali dengan pengetahuan mengenai Pendidikan Agama Islam yang memiliki hasil prestasi belajar yang baik. Namun, tetap saja kebanyakan dari siswa/I kelas IX masih belum menerapkan pengetahuan agamanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Intensitas penggunaan media sosial instagram. 2) Prestasi belajar PAI. 3) Tingkat religiusitas.4) Pengaruh intensitas penggunaan media sosial instagram dan prestasi belajar PAI terhadap tingkat religiusitas pada siswa/I di kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk. Penelitian ini bertolak dari asumsi bahwa intensitas penggunaan media sosial Instagram dan prestasi belajar PAI dapat berpengaruh terhadap tingkat religiusitas peserta didik. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis bahwa terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan media sosial Instagram dan prestasi belajar PAI terhadap tingkat religiusitas. Langkah-langkah penelitian ini adalah : 1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional. 2) Responden 42 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk yang memiliki media sosial instagram. 3) Alat pengumpul data : Observasi, Angket, Tes, Wawancara dan Studi Pustaka. 4) Analisis dalam penelitian menggunakan kuantitatif menggunakan pendekatan statistik dan kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan 1) Intensitas penggunaan media sosial instagram memiliki tingkatan yang rendah berdasar hasil angket dengan skor 2,71.2) Prestasi belajar PAI memiliki tingkatan tinggi dengan rata-rata nilai PAS semester 1 dengan skor 84,78. 3) Tingkat religiusitas memiliki tingkatan yang sangat tinggi berdasar hasil angket dengan skor 4,14. 4) Pengaruh intensitas penggunaan media sosial instagram dan prestasi belajar PAI terhadap tingkat religiusitas sebesar 2,12%, dengan koefisien korelasi sebesar 0,215781.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; Instagram; Prestasi Belajar PAI;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lira Alifah Bilqis
Date Deposited: 15 Sep 2020 01:29
Last Modified: 15 Sep 2020 01:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33386

Actions (login required)

View Item View Item