Pengaruh tingkat spiritual mahasiswa terhadap rasa percaya diri: Studi deskriptif himpunan mahasiswa Ahlu Sunnah Waljamaah UIN Bandung

Nur Fawziah, Fitri (2019) Pengaruh tingkat spiritual mahasiswa terhadap rasa percaya diri: Studi deskriptif himpunan mahasiswa Ahlu Sunnah Waljamaah UIN Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan rasa percaya diri yang terjadi di sekitar mahasiswa. Tidak terbatas dari mahasiswa tahun pertama maupun mahasiswa akhir. Yang diharuskan sebagai mahasiswa kritis, mahasiswa yang tanggap, biasanya mahasiswa di uji kemampuannya dalam menyampaikan pendapat dihadapan dosen, teman-temannya maupun di muka umum. Spiritual menurut bahasa latin adalah roh, sedangkan dalam persepektif sufi yaitu “jiwa” atau “ruh”. Jika menurut beberapa ahli, spiritual diciptakan untuk hubungan antara Tuhan (Allah swt) dan makhluk ciptaan-Nya (mencakup manusia dan seluruh alam semesta). Mahasiswa dalam perkembangan psikologi termasuk di susunan masa dewasa awal, dimasa dewasa awal disebut tahap puncak perkembangan karenanya kemampuan dalam hal kehidupannya segala di pertimbangkan. Percaya diri adalah hal yang selalu di bawa manusia sepanjang hidupnya, selain selalu percaya kepada diri sendiri hal lain adalah konsep diri sebagai evaluasi, penyeseuaian berpandangan manusia kepada sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Tingkat Spiritual terhadap rasa percaya dirinya. Selanjutnya metode penelitian yang digunakan disini adalah statistik deskriptif. Metode Statistik Deskriptif yaitu menganalisa data hasil yang telah terkumpul dari lapangan dengan kondisi seadanya, selanjutnya data yang terkumpul tersebut di gambarkan yang tidak bermaksud menyimpulkan yang berlaku umum. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan penyebaran angket/kuesioner. Sedangkan untuk menganalisa hasil angket/kuesioner uji instrumen, uji korelasi dan regresi menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 20.0. Dari hasil penelitian yang didapat bahwa hasil dari pengaruh Tingkat Spiritual memiliki korelasi atau hubungan dengan rasa percaya diri. Hasil ini sehubungan dengan menggunakan aplikasi software SPSS 20.0 yaitu hasil uji koefisien korelasi nya 0,041 yang artinya korelasi antara kesadaran spiritual dan rasa percaya diri cukup berhubungan tidak terlalu kuat dan lemah. Lalu hasil regresi linear sederhana didapatkan nilai RSquare 0,084 di persenkan menjadi 8.4%. Yang artinya pengaruh keasadaran spiritual hanya sebesar 8.4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Spiritual; Percaya Diri; Mahasiswa.
Subjects: Humankind > Soul
Psychology
Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives > Emotions and Feeling
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fitri Nur Fawziah
Date Deposited: 14 Sep 2020 01:31
Last Modified: 14 Sep 2020 01:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33347

Actions (login required)

View Item View Item