Pembelajaran reflektif pada Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa: Penelitian di MAN 1 dan MAN 2 Kota Bandung

Suntiah, Ratu (2020) Pembelajaran reflektif pada Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa: Penelitian di MAN 1 dan MAN 2 Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Aliyah pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Hal ini berdasarkan studi pendahuluan di MAN 1 Kota Bandung reratanya sebesar 1,66 dan di MAN 2 Kota Bandung reratanya sebesar 2,02 dari skor maksimal 10. Dalam mempelajari peristiwa sejarah diperlukan pemikiran kritis agar terhindar dari hafalan. Melalui pembelajaran reflektif yang berdasarkan teori reflective thinking, siswa dapat menganalisis pengalamannya secara individual yang dialaminya dari pembelajaran sehingga kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Aliyah pada pembelajaran SKI diduga meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi: Tujuan, program, proses, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat, serta tingkat keberhasilan pembelajaran reflektif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir krirtis siswa. Metode penelitian ini dengan Mixed Methods Research, yaitu mengkombinasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan model Concurrent Triangulation Strategy (Campuran Berimbang) dan desain penelitian Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tujuan pembelajaran reflektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sejalan dengan rumusan tujuan dan indikator pembelajaran. 2) Program pembelajaran reflektif terdiri dari RPP, instrumen evaluasi pembelajaran, dan bahan ajar. 3) Proses pembelajaran reflektif terlaksana dengan baik, yaitu siswa mempelajari bahan ajar sebelum pembelajaran, memperhatikan tayangan video, berdiskusi, presentasi, refleksi, dan menyusun jurnal pribadi. 4) Evaluasi pembelajaran reflektif meliputi pre test-post test, jurnal pribadi, dan ulangan harian. 5) Faktor pendukung pembelajaran reflektif yaitu guru, sebagian besar siswa memiliki motivasi tinggi dan aktif terlibat dalam pembelajaran serta lingkungan belajar yang kondusif. Faktor penghambatnya, sebagian kecil siswa belum terbiasa belajar dalam kelompok heterogen, kurang disiplin, keterbatasan waktu yang tersedia, dan keterbatasan sarana prasarana. 6) Pembelajaran reflektif berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terlihat dari: a) Nilai rata-rata post tesnya mengalami peningkatan yang signifikan. b) Adanya perbedaan peningkatan yang cukup signifikan antara pembelajaran reflektif dan pembelajaran konvensional. c) Tidak terdapat perbedaan pencapaian yang berarti dari asal sekolah siswa, namun siswa yang berasal dari SMP nilainya lebih tinggi daripada siswa yang berasal dari MTs. Dengan demikian, pembelajaran reflektif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Reflektif; Sejarah Kebudayaan Islam; Berpikir Kritis
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 13 Sep 2020 14:08
Last Modified: 14 Sep 2020 01:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33345

Actions (login required)

View Item View Item