Perbandingan analisis diskriminan dengan diskriminan kernel untuk ketepatan klasifikasi kesehatan keuangan perusahaan asuransi jiwa

Hartati, Ai Sri (2020) Perbandingan analisis diskriminan dengan diskriminan kernel untuk ketepatan klasifikasi kesehatan keuangan perusahaan asuransi jiwa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pemilihan perusahaan asuransi jiwa, masyarakat tentu harus mempertimbangkan beberapa faktor, salah satu faktor utamanya yaitu mengenai kekuatan kesehatan keuangan perusahaan. Laporan keuangan merupakan bentuk pertanggung jawaban keuangan perusahaan atas suatu aktivitas dalam menilai kondisi keuangan perusahaan. Metode pengklasifikasian diharapkan mampu membantu dalam menentukan variabel mana yang paling berpengaruh terhadap kesehatan keuangan perusahaan asuransi jiwa. Metode pengklasifikasian yang sering digunakan adalah analisis diskriminan yang merupakan salah satu teknik statistik yang bisa digunakan pada hubungan dependensi (hubungan antar variabel dimana sudah bisa dibedakan antara variabel penjelas dan variabel respon), namun metode tersebut terikat dengan beberapa asusmi yang begitu ketat sehingga digunakanlah analisis diskriminan kernel. Dalam hal ini, data dari input space dipetakan ke ruang baru yang disebut dengan kernel space. Dalam metode kernel, suatu data x diinput space dipetakan pada kernel space F dengan dimensi yang lebih tinggi. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui metode mana yang paling tepat untuk memberikan persentase dalam klasifikasi kinerja perusahaan asuransi jiwa. Studi kasus yang diambil yaitu pada 25 perusahaan asuransi jiwa di Indonesia tahun 2018 yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan. Hasil penelitian secara keseluruhan menyatakan bahwa model analisis diskriminan mampu lebih baik dibanding diskriminan kernel dalam kasus klasifikasi kinerja perusahaan asuransi jiwa. Kata kunci: Asuransi Komersial, Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi, Analisis Diskriminan, Diskriminan Kernel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Asuransi Komersial; Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi; Analisis Diskriminan; Diskriminan Kernel.
Subjects: Insurance > Old Age, Death, Illness, Injury Insurance
Applied mathematics
Applied mathematics > Statistical Mathematics
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Ai Sri Hartati
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:42
Last Modified: 21 Oct 2020 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33323

Actions (login required)

View Item View Item