Penyerapan anggaran pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung tahun 2017-2018

Dhevi, Shella Nirmala (2020) Penyerapan anggaran pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung tahun 2017-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penyerapan anggaran menjadi salah satu indikator untuk dapat menilai kinerja dari pengelolaan keuangan daerahnya yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah dan perangkat kerja daerah yang ada didalamnya. Berkaitan dengan hal tersebut Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) yang merupakan bagian dari perangkat kerja pemerintah daerah Kota Bandung yang setiap tahunnya mendapatkan anggaran dari Pemerintah Kota Bandung untuk dapat menjalannya setiap program dan kegiatan yang akan dilakukannya. Penyerapan anggaran untuk setiap program dan kegiatan yang dilakukan di Bappelitbang Kota Bandung menjadi tanggung jawab Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) yang ada disetiap bidang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penyerapan anggaran di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kota Bandung Tahun 2017-2018. Peneliti menggunakan teori penyerapan anggaran dari Perdana Kusuma Negara, Lilik Handajati & Lukman Effendy (2018) yaitu penyerapan anggaran dilihat dari beberapa faktor yaitu 1)faktor sumber daya manusia, 2)faktor administrasi, dan 3)faktor kebijakan. Metode yang peneliti gunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mana teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan tentang penyerapan anggaran di Bappelitbang Kota Bandung dapat digambarkan bahwa sumber daya manusia yaitu PPTK yang dimiliki oleh Bappelitbang Kota Bandung dalam melakukan penyerapan anggaran sudah melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik, PPTK selalu mengusahakan untuk melakukan penyerapan anggaran sesuai dengan target yang telah ditentukan. Administrasi yang digunakan oleh PPTK Bappeltbang bersifat secara umum, mengikuti sistem administrasi yang digunakan oleh Pemerintah Kota Bandung. Bappelitbang Kota Bandung tidak memiliki kebijakan yang mengatur dalam penyerapan anggarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penyerapan Anggaran; Bappelitbang Kota Bandung; PPTK
Subjects: Public Finance
Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Shella Nirmala Dhevi
Date Deposited: 14 Sep 2020 01:45
Last Modified: 14 Sep 2020 01:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33320

Actions (login required)

View Item View Item