Efektivitas pelayanan pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang tahun 2016-2019

Purnamasari, Lina (2020) Efektivitas pelayanan pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang tahun 2016-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan publik merupakan kegiatan yang dilakukan oleh suatu instansi sebagai upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat. Salah satu pelayanan yang berhak diterima oleh masyarakat yaitu pelayanan administratif dalam penerbitan akta kelahiran. Akta kelahiran merupakan salah satu dokumen yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang sebagai identitas autentik mengenai status dan peristiwa kelahiran seseorang. Semua kabupaten/kota yang ada di Indonesia memiliki kewenangan untuk menerbitkan akta kelahiran melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), termasuk Disdukcapil Kabupaten Sumedang. Pelayanan akta kelahiran yang efektif merupakan harapan masyarakat, akan tetapi dalam mewujudkan pelayanan yang efektif itu tidaklah mudah. Sebanyak 104 orang masyarakat Kabupaten Sumedang telah mengajukan perbaikan akta kelahiran pada tahun 2016-2019. Kemudian banyak juga keluhan dari masyarakat mengenai penyelesaian akta kelahiran yang melebihi waktu empat belas hari kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan pembuatan akta kelahiran di Disdukcapil Kabupaten Sumedang tahun 2016-2019 dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam proses pelayanan pembuatan akta kelahiran di Disdukcapil Kabupaten Sumedang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas dari organisasi yang memberikan pelayanan menurut Siagian (1987:60), yang di dalamnya terdapat tiga kriteria yaitu faktor waktu, faktor kecermatan, dan faktor gaya pemberian pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian tentang riset dan analisis mengenai variabel mandiri, baik hanya pada satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan antara variabel satu dengan yang lainnya. Dalam penelitian ini menggambarkan mengenai efektivitas pelayanan pembuatan akta kelahiran di Disdukcapil Kabupaten Sumedang tahun 2016-2019. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas pelayanan pembuatan akta kelahiran belum optimal, hal ini ditandai dengan adanya akta kelahiran yang selesai melebihi waktu empat belas hari kerja, ketelitian pegawai yang masih kurang, dan keadilan petugas dalam melayani pelanggan belum sepenuhnya dilaksanakan. Kendala yang dihadapi dalam proses pelayanan akta kelahiran antara lain, yaitu kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya akta kelahiran, masyarakat belum seluruhnya tahu mengenai persyaratan dalam membuat akta kelahiran, lamanya waktu penyelesaian akta kelahiran, banyak masyarakat yang mengeluhkan jarak, status anak seorang ibu yang tidak ada buku nikah, dan pembuatan akta kelahiran yang dikuasakan kepada orang lain sehingga apabila ada persyaratan yang kurang tidak bisa langsung dipenuhi saat itu juga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Disdukcapil; Efektivitas Pelayanan; Pembuatan Akta Kelahiran
Subjects: Public Administration
Public Administration > General Publications of Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Lina Purnamasari
Date Deposited: 14 Sep 2020 01:38
Last Modified: 24 Jan 2023 03:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33314

Actions (login required)

View Item View Item