Penyelenggaraan program pendidikan diniyah formal pada pondok pesantren: Studi kualitatif pengelolaan Program Pendidikan Diniyah Formal (PDF) di Pondok Pesantren Al-Masthuriyah Sukabumi

Hafshoh, Siti Dieny (2019) Penyelenggaraan program pendidikan diniyah formal pada pondok pesantren: Studi kualitatif pengelolaan Program Pendidikan Diniyah Formal (PDF) di Pondok Pesantren Al-Masthuriyah Sukabumi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI(1).pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Pesantren adalah bagian penting bagi kehidupan kemasyarakatan di Indonesia, serta adanya upaya pemerintah untuk meningkatkan dan menguatkan kualitas pendidikan pesantren yang lebih baik serta penyetaraan lulusan pondok pesantren melalui program Pendidikan Diniyah Formal (PDF). Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Menganalisis perencanaan program Pendidikan Diniyah Formal (PDF) di Pondok Pesantren Al-Masthuriyah Sukabumi, pelaksanaan program Pendidikan Diniyah Formal (PDF) di Pondok Pesantren Al-Masthuriyah Sukabumi, evaluasi terhadap pelaksanaan program Pendidikan Diniyah Formal (PDF) di Pondok Pesantren Al-Masthuriyah Sukabumi, rencana strategis pengembangan program Pendidikan Diniyah Formal (PDF) di Pondok Pesantren Al-Masthuriyah Sukabumi, tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pengembangan program Pendidikan Diniyah Formal (PDF) di Pondok Pesantren Al- Masthuriyah Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara faktual dan cermat. Perencanaan Program Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Al Masthuriyah dilakukan dengan melibatkan beberapa pihak dalam pelaksanaannya. Hasil Penelitian: Pelaksanaan program sudah bejalan sejak Tahun 2015. Adapun kurikulumnya mengacu pada kurikulum dari Kementerian Agama dengan system pembelajaran kitab kuning (Kutub At-Turats). Evaluasi terhadap pelaksanaan program secara keseluruhan sudah dilakukan saat proses pembelajaran di kelas dan di luar kelas. Rencana strategis program dilakukan melalui: Pertama, Pengelolaan kelas yang baik dengan menetapkan Boarding school System. Kedua, menggunakan kurikulum dari Kementerian Agama, Ketiga, mengadakan perbaikan secara terus menerus, yaitu selalu mengadakan evaluasi program yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu. Keempat, dengan melakukan supervisi oleh kepala (PDF), Kelima, kepala (PDF) harus mengetahui tentang administrasi sarana dan prasarana keuangan program penyelenggaraan sehingga berfungsi sebagai pengontrol atas semua administrasi yang ada. Tantangan-tantangan yang dihadapi, yaitu secara internal meliputi masalah pendanaan yang masih mengandalkan dana asupan dari yayasan dan dana syahriah dari santri, masalah sarana prasarana yang masih kurang dan belum maksimal, dan waktu belajar yang padat karena kegiatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pesantren; Diniyah
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 09 Sep 2020 07:18
Last Modified: 25 Jan 2022 06:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33238

Actions (login required)

View Item View Item