Radikalisme perspektif Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM): Studi deskriptif analisa Lembaga Dakwah Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Rizki, Jasmine Mentari (2020) Radikalisme perspektif Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM): Studi deskriptif analisa Lembaga Dakwah Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Era globalisasi, era pesatnya aktivitas dalam berteknologi terutama di kalangan mahasiswa, banyaknya mahasiswa menggunakan teknologi sebagai jejaring sosial di dunianya namun masih rentan untuk dipengaruhi. Hal ini, menjadikan fokus issue radikalisme yang terjadi di kalangan mahasiswa. Fakta, proses radikalisme menjangkau anak muda dengan sosial media. Terjadinya aksi gerakan Islam yang sering dijumpai dan maraknya dakwah secara radikal sehingga apa yang dilakukan para pemuda yang menyangkut pemahaman akar radikalisme akan muncul kelompok bersifat eksklusif. Oleh karena itu, penulis merasa perlu untuk melakukan sebuah penelitian terhadap cara mengekspresikan keagamaan dan pandangan radikalisme bagi pendakwah muda seperti Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM). Penelitian ini mengangkat dua permasalahan, yaitu: 1) Bagaimana perspektif Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) mengenai radikalisme secara keagamaan, politik, dan sosial? 2) Bagaimana metode dakwah Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) dalam menangkal radikalisme secara keagamaan, politik, dan sosial?. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini, yaitu: 1) untuk mengetahui perspektif Lembaga Dakwah Mahasiswa mengenai radikalisme secara keagamaan, politik, dan sosial, 2) Mendeskripsikan cara metode dakwah Lembaga Dakwah Mahasiswa dalam menangkal radikalisme secara keagamaan, politik, dan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun yang dimaksud dengan metode kualitatif sendiri adalah melakukan penelitian pada kondisi objek yang alamiah, dan di sini peneliti berperan sebagai instrument kunci. Hasil yang diperoleh oleh penulis dari penelitian ini adalah bahwa Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menentang keras adanya proses radikalisme dalam menyebarluaskan risalah agama. Radikalisme berdampak pada perubahan suatu sistem di masyarakat secara total sampai ke akarnya dengan melakukan berbagai cara termasuk tindakan kekerasan. Metode dakwah Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggunakan dakwah Fardhiyah mengajak dan merangkul dengan baik dan bersahabat kepada khalayak. Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung berusaha memberikan energi positif dalam setiap kegiatannya dan berdakwah kepada semua lapisan masyarakat agar dapat menyentuh setiap aspek kehidupan termasuk anak muda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: radikalisme; lembaga dakwah mahasiswa; LDM; ekspresi keagamaan
Subjects: Knowledge
Religious Experiences
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Jasmine Mentari Rizki
Date Deposited: 09 Sep 2020 02:46
Last Modified: 09 Sep 2020 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33214

Actions (login required)

View Item View Item