Motivasi santri mengikuti pembelajaran menggunakan Metode Kitabah pengaruh terhadap kemampuan mereka menghafal Al-Qur’an: Penelitian pada santri kelas IV Pondok Pesantren Baitul Hidayah Bandung

Silmi, Ayu Maulidati (2020) Motivasi santri mengikuti pembelajaran menggunakan Metode Kitabah pengaruh terhadap kemampuan mereka menghafal Al-Qur’an: Penelitian pada santri kelas IV Pondok Pesantren Baitul Hidayah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dari adanya kesenjangan antara motivasi santri dan kemampuan mereka menghafal al-Qur’an. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukakan, fakta yang ada dilapangan menunjukan bahwasannya masih ada santri yang kurang dalam kemampuan menghafal baik dari segi kelancaran dan aspek lainnya terbukti adanya santri yang ketika disuruh untuk mengulang hafalannya masih banyak yang tidak lancar dan dinyatakan hafalan santri itu termasuk kategori kurang baik dan ada bebrapa santri yang menghafal karena keterpaksaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Motivasi santri mengikuti pembelajaran dengan metode kitabah (2) Kemampuan hafalan al-Qur’an santri (3) Motivasi santri mengikuti pembelajaran dengan metode kitabah pengaruhnya terhadap kemampuan mereka menghafal al-Qur’an di kelas IV Pondok Pesantren Baitul Hidayah Bandung. Penelitian ini didasarkan dari pemikiran bahwa terdapat pengaruh antara motivasi santri mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode kitabah dengan kemampuan mereka menghafal al-Qur’an. Oleh sebab itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi motivasi santri mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode kitabah maka semakin tinggi pula kemampuan mereka menghafal al-Qur’an. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif, 2) Sumber penelitian adalah Santri kelas IV yang berjumlah 37 orang, 3) Tempat dan waktu Penelitian di Pondok Pesantren Baitul Hidayah Bandung dari tanggal 26 April s/d 04 November 2019, 4) Teknik pengumpulan data penelitian melalui angket, wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan 5) Teknik analisis data penelitian dengan analisis parsial dan korelasional. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan (1) Motivasi santri mengikuti pembelajaran dengan metode kitabah dalam menghafal al-Qur’an pada kualifikasi tinggi, terbukti dengan rata-rata 3,73. Angka tersebut terdapat pada interval 3,40 – 4,19. (2) Kemampuan hafalan al-Qur’an santri termasuk pada kualifikasi baik, terbukti dengan rata-rata 79,63. Angka tersebut terdapat pada interval 70-79 (3) Motivasi santri mengikuti proses pembelajaran dengan metode kitabah menghasilkan koefesien korelasi 0,17, angka tersebut tergolong kategori lemah, karena 0,17 berada pada skala 0,00–0,20. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh t_hitung > t_tabel atau 1.02 > 0,2746, maka dapat diinterprestasikan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh antara variabel X yakni Motivasi santri mengikuti pembelajaran dengan metode kitabah dan variabel Y kemampuan menghafal al-Qur’an. Derajat pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 2,8%. Artinya masih terdapat banyak faktor lain yang mempengaruhi kemampuan menghafal al-Qur’an di pesantren yakni sebesar 97,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Santri; Metode Kitabah; Kemampuan Menghafal Al-Qur’an
Subjects: Bahasa Arab
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ayu Maulidati Silmi
Date Deposited: 07 Sep 2020 01:07
Last Modified: 07 Sep 2020 01:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33104

Actions (login required)

View Item View Item