Analisis pelaksanaan standar penilaian kurikulum 2013 (Revisi Tahun 2016) pada Mata Pelajaran Matematika: Penelitian deskriptif di SMAN 1 Bojongsoang

Rusbani, Akhmad (2020) Analisis pelaksanaan standar penilaian kurikulum 2013 (Revisi Tahun 2016) pada Mata Pelajaran Matematika: Penelitian deskriptif di SMAN 1 Bojongsoang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kesesuaian intrumen penilaian pada pelajaran matematika di SMAN 1 Bojongsoang berdasarkan kurikulum 2013 revisi 2016. (2) Kelayakan intrumen penilaian pada pelajaran matematika di SMAN 1 Bojongsoang berdasarkan kurikulum 2013 revisi 2016. (3) Hambatan apa saja yang ditemukan dalam penerapan standar penilaian kurikulum 2013 (revisi tahun 2016) pada aspek kognitif kemampuan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS) pada pembelajaran matematika di SMAN 1 Bojongsoang. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SMAN 1 Bojongsoang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yaitu data yang dihasilkan dari observasi yang dilakukan peneliti dengan melihat guru secara langsung ketika melaksanakan pembelajaran matematika, kemudian data yang dihasilkan dari wawancara yang didapat peneliti dengan melakukan wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan guru matematika, serta dokumentasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran matematika. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru matematika di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bojongsoang. Sumber data diambil menggunakan metode survei. Metode survei dipilih karena mempertimbangkan waktu mengajar guru-guru matematika di SMAN 1 Bojongsoang yang berkemungkinan mengajar diwaktu yang sama sehingga pengumpulan data sulit dilakukan secara menyeluruh sehingga diambil sampel yaitu guru matematika kelas XII di SMAN 1 Bojongsoang. Dari hasil penelitian ini diperoleh: (1) Intrumen penilaian pelajaran matematika yang diterapkan di SMAN 1 Bojongsoang mendapatkan persentase ketercapaian 83,3% masuk dalam kategori sangat baik, artinya intrumen penilaian sudah sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2016. (2) Intrumen penilaian pelajaran matematika yang diterapkan di SMAN 1 Bojongsoang mendapatkan persentase ketercapaian 82,5% masuk dalam kategori sangat baik, artinya instrumen penilaian sudah layak digunakan. (3) Hambatan yang ditemukan pada standar penilaian kurikulum 2013 revisi 2016 adalah penerapan soal HOTS tidak bisa dilaksanakan dan soal administrasi penilaian yang rumit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013 Revisi 2016; Standar Penilaian pada Pembelajaran Matematika
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Akhmad Rusbani
Date Deposited: 04 Sep 2020 09:04
Last Modified: 04 Sep 2020 09:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33093

Actions (login required)

View Item View Item