Aktivitas jama’ah dalam mengikuti kegiatan majelis taklim hubungannya dengan tingkat religiusitas mereka dalam kehidupan sehari-hari : Penelitian pada ibu-ibu majelis taklim Al-Ikhlas Kampung Batutumpeng Desa Sukamanah Kecamatan Malangbong Garut

Marwayanti, Muna (2020) Aktivitas jama’ah dalam mengikuti kegiatan majelis taklim hubungannya dengan tingkat religiusitas mereka dalam kehidupan sehari-hari : Penelitian pada ibu-ibu majelis taklim Al-Ikhlas Kampung Batutumpeng Desa Sukamanah Kecamatan Malangbong Garut. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada studi pendahuluan penulis di Majelis Taklim Al-Ikhlas dengan observasi terhadap jama’ah ibu-ibu bahwa aktivitas jama’ah dalam mengikuti kegiatan di majelis taklim sudah cukup tinggi. Hal ini terlihat dari keikutsertaan para jama’ah dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh pengurus Majelis Taklim Al-Ikhlas. Namun, melihat kenyataannya tingkat religiusitas mereka masih kurang. Hal ini terlihat dari adanya perilaku kurang baik pada aktivitas sehari-hari mereka seperti masih suka mengghibah, riba, tidak harmonis dengan keluarga, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Aktivitas jama’ah dalam mengikuti kegiatan di majelis taklim. 2) Tingkat religiusitas mereka dalam kehidupan sehari-hari, dan 3) Hubungan antara aktivitas jama’ah dalam mengikuti kegiatan di majelis taklim dengan sikap religiusitas mereka dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa tingkat religiusitas ibu-ibu dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya aktivitas mereka dalam mengikuti kegiatan di majelis taklim. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas ibu-ibu mengikuti kegiatan majelis taklim maka akan semakin baik pula tingkat religiusitas mereka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif, dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial per indikator dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas jama’ah dalam mengikuti kegiatan di Majelis Taklim (X) termasuk pada kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 3,44. 2) Tingkat religiusitas jama’ah dalam kehidupan sehari-hari (Y) termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 4,18. 3) Hubungan antara variabel (X) dengan variabel (Y) ditunjukkan dengan angka korelasi sebesar 0,40 termasuk pada korelasi sedang yang artinya terdapat korelasi positif yang signifikan. Uji signifikansi menunjukkan rhitung > rtabel yaitu (0,40 > 0,279), diartikan bahwa hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Kadar pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) sebesar 16% yang artinya masih ada faktor lain sebesar 84% yang dapat mempengaruhi sikap religiusitas jama’ah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: jammah; majelis taklim; tingkat religiusitas;
Subjects: Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid
Education
Depositing User: Muna Marwayanti
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:29
Last Modified: 15 Sep 2020 02:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33081

Actions (login required)

View Item View Item