Tinjauan hukum ekonomi syari'ah terhadap pelaksanaan jual beli sistem Dropshipping : Studi kasus di Toko Ika Puspa Handari di marketplace Facebook

Hanipa, Nadiya Fitriyana (2020) Tinjauan hukum ekonomi syari'ah terhadap pelaksanaan jual beli sistem Dropshipping : Studi kasus di Toko Ika Puspa Handari di marketplace Facebook. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli adalah suatu perjanjian tukar-menukar benda atau barang yang mempunyai nilai, secara suka rela diantara kedua belah pihak menurut aturan yang dibenarkan oleh hukum. Dalam era modern ini, objek dan cara transaksi jual beli sudah sangat beragam, salah satunya yaitu jual beli dengan sistem dropshipping. Dropshipping merupakan sebuah sistem jual beli online dimana penjual menjual produk yang tidak dimiliki dan tidak memiliki persediaanya (stok barang). Penjual menjalin kerjasama bisnis dengan perorangan atau produsen (wholesaler/supplier), yang merupakan pemasok dari produk yang dijual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana mekanisme dari jual beli dengan sistem dropshipping, mengetahui akad-akad hukum ekonomi syariah yang relevan dengan jual beli sisitem dropshipping, dan Tinjauan Hukum Ekonomi Syraiah terhadap pelaksanaan sistem jual beli dropshipping khususnya di toko Ika Puspa Handari. Kerangka pemikiran dalam penilitian ini didasarkan pada kaidah muamalah yaitu Pokok dalam urusan muamalah itu boleh atau halal sehingga ada dalil yang mengharamkannya. Syarat dan rukun jual beli juga menjadi instrument penting dalam menentukan sah atau tidaknya transaksi jual beli tersebut. Kemudian ditambah akad-akad ekonomi syariah yang relevan dengan jual beli dengan sistem dropshipping. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif, dimana penelitian ini bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis,faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat keadaan dari objek penelitian dengan tinjauan norma-norma syari’ah. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu Ika Puspa Handari yaitu : (1) Mekanisme jual beli online dengan sistem dropshipping di toko online Ika Puspa Handari sama dengan jual beli online biasanya yang didalam nya ada pihak perantara atau simsar yang dalam sistem ini disebut dengan dropshipper yang fungsi dan tugasnya yakni menjualkan barang milik Supplier dan atas hasil dari pekerjaan nya diberikan komisi (Ujrah). (2) Tinjauan Hukum Ekonomi Syriah terhadap pelaksanaan jual beli dengan sistem dropshipping di toko online Ika Puspa Handari peneliti menilai akad yang ada pada hukum ekonomi syariah yang relevan dengan jual beli tersebut adalah akad samsarah. Berdasarkan tinjauan hukum ekonomi syariah yang di atur dalam fiqh muamalah, bahwa status hukum jual beli online dengan sistem dropshipping di toko online Ika Puspa Handari dibolehkan karena pada dasarnya sudah mendapatkan ijin dari supplier/pemilik barang, akan tetapi dalam pelaksanaanya harus lebih menjalankan unsur amanah dari pemilik toko dan unsur kehati-hatian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dropshipping; Jual beli online; samsarah
Subjects: Islam > Islam and Economics
Econmics > Systems, School and Theories of Economic
Customs of People
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Nadiya Fitriyana Hanipa
Date Deposited: 09 Nov 2020 01:44
Last Modified: 09 Nov 2020 01:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33071

Actions (login required)

View Item View Item