Pengaruh sitem Boarding School terhadap pembentukan karakter santri : Penelitian di Pesantren Persis 99 Rancabango Garut

Rahmah, Wina Auliaur (2020) Pengaruh sitem Boarding School terhadap pembentukan karakter santri : Penelitian di Pesantren Persis 99 Rancabango Garut. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan sebagai sarana mentransfer pengetahuan juga menanamkan nilai-nilai terhadap peserta didik. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1. Dalam kenyataannya masih banyak sistem pendidikan yang hanya menekankan peserta didik pada kecerdasan intelektual, tidak pada kecerdasan sosial. Oleh karena itu, perlu adanya pembenahan sistem yang dapat menanamkan nilai-nilai pada peserta didik yang notabennya masih masa peralihan dari kanak-kanak menuju masa remaja, karena masa depan bangsa ada di tangan generasi muda, untuk membentuk generasi muda yang berkarakter, diperlukan suatu sistem untuk menghantarkannya pada tujuan yang ingin dicapai. Sistem boarding school merupakan alternatif Pesantren Persis 99 Rancabango Garut dalam menanamkan karakter pada santri kelas X-XII. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui sistem boarding school di Pesantren Persis 99 Rancabango Garut, (2) untuk mengetahui karakter santri di Pesantren Persis 99 Rancabango Garut (3) untuk mengetahui pengaruh sistem boarding school terhadap pembentukan karakter santri di Pesantren Persis 99 Rancabango Garut. Penelitian ini merujuk dari asumsi yang mengatakan bahwa sistem boarding school dapat mempengaruhi pembentukan karakter santri, Dari asumsi ini diajukan hipotesis yakni semakin sistem boarding school berjalan dengan baik maka pembentukan karakter pada santripun akan baik, begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif analisis, dengan sampel sebanyak 60 santri, dengan teknik pengumpulan data uji dan statistik, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan penyebaran angket. Berdasarkan hasil penelitian sistem boarding school berada pada kategori baik, dengan angka rata-rata sebesar 79,7% angka tersebut menunjukkan kualifikasi baik karena berada pada interval 61 % - 80 %. Begitu pula karakter peserta didik berada pada kategori baik, dengan angka rata-rata 73% angka tersebut menunjukkan kualifikasi baik karena berada pada interval 61 % - 80 %. Realitas korelasi antara sistem boarding school (variabel X) terhadap pembentukan karakter santri (variabel Y) sebesar 0,412 angka tersebut berada pada rentang 0,400-0,599 menunjukkan kategori sedang. Dari hasil uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 3,791 > ttabel 2,000, ini berarti bahwa variabel X dengan variabel Y terdapat hubungan yang signifikan, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan menerima H1, Sedangkan kadar pengaruh sistem boarding school terhadap pembentukan karakter santri di Pesantren Persis 99 Rancabango Garut sebesar 19,9%, hal ini menunjukan bahwa masih ada 81,1% faktor lain yang mempengaruhi karakter santri di Pesantren Persis 99 Rancabango Garut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Boarding school; pembentuka karakter; santri
Subjects: Education
Depositing User: Wina Auliaur Rahmah
Date Deposited: 03 Sep 2020 07:19
Last Modified: 03 Sep 2020 07:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33057

Actions (login required)

View Item View Item