Dampak konversi agama terhadap karakteristik peserta didik di era revolusi industri 4,0 : Studi kasus di Rumah Yatim dan Tahfidz Qur’an Madani Bandung

Rahmawati, Siti (2020) Dampak konversi agama terhadap karakteristik peserta didik di era revolusi industri 4,0 : Studi kasus di Rumah Yatim dan Tahfidz Qur’an Madani Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Dari kejadian atau peristiwa yang dipernah dialami, pasti ada hal yang menyentuh hati (batin) seseorang hingga dijadikan pelajaran berharga bahkan ada yang sampai pada tahap pembiasaan hingga menjadi sebuah karakter. Pembiasaan dan karakter tersebut pada zaman ini umumnya tidak lepas dari pengaruh lingkungan, apalagi teknologi di Era Revolusi Industri Keempat. Konversi Agama ini merupakan sebuah karya ilmiah yang bertujuan untuk mengetahui dampak karakteristik peserta didik diusia remaja khususnya mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung yang tinggal di Rumah Yatim dan Tahfidz Qur’an Madani Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai mana dampak informan yang mengalami konversi agama terhadap perubahan karakteristiknya. Perubahan tersebut tidak lepas pengaruhnya dari keadaan zaman ini khususnya yang berkaitan dengan teknologi saat ini. Sehingga bisa mempelajari lebih dalam setiap kejadian dari proses konversi agama tersebut dan impact terhadap karakter yang dimilikinya. Penelitian ini bertitik tolak bahwa lingkungan terkhusus teknologi memberikan impak untuk seseorang. Misalnya dengan keadaan di era revolusi industri 4,0 ini bisa memberikan dampak positif bagi mereka yang ingin berusaha untuk mendapatkannya. Sederhana sekali, dampak tersebut bisa dilihat dari hal yang tampak seperti tingkah laku. Karena dalam hal ini difokuskan subjek penelitian adalah seorang peserta didik, maka sangat mudah atmosfer berbagai macam pendidikan bisa diterima dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang bertujuan agar bisa mempelajari penuh dari setiap kejadian. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Masingmasing komponennya meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis yang didapat ini menunjukkan bahwa : 1) Konsep Konversi Agama dalam penelitian ini sebagai berubahnya suatu keadaan agama (hijrah) yang didominasi karena faktor batin (kejiwaan) dan faktor lingkungan tempat mereka tinggal. 2) Motivasi mereka hijrah karena adanya kejadian-kejadian tertentu seperti keluarga broken home, orangtua meninggal, dll. 3) Dampak karakter setelah mereka berubah (hijrah) sangat beragam, dimulai dari kognitif mereka daya berpikir semakin kritis, dari psikomotor mereka lebih terampil untuk bersosialisasi, serta yang terakhir dari afektif karakter mereka lebih terjaga karena salah satu penguatnya adalah hafalan Al-Qur’an. 4) Hampir semua faktor lingkungan informan dipengaruhi oleh adanya teknologi, seperti gadget dll.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: konversi agama; karakteristik peserta didik; revolusi industri
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Rahmawati
Date Deposited: 03 Sep 2020 03:30
Last Modified: 03 Sep 2020 03:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33039

Actions (login required)

View Item View Item