Penerapan metode pembelajaran take and give untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi binatang halal dan haram motivasi peserta didik di Madarasah Tasanawiyah: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII di MTS Yasta Bunter Kabupaten Sumedang

Supriadi, Yeyen (2018) Penerapan metode pembelajaran take and give untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi binatang halal dan haram motivasi peserta didik di Madarasah Tasanawiyah: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII di MTS Yasta Bunter Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di MTS Yasta Bunter, peneliti mendapat informasi bahwa motivasi belajar siswa kelas VIII D pada mata pelajaran Fiqih masih rendah. Kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses belajar dikarenakan penggunaan metode yang umum, sehingga siswa kurang termotivasi mengikuti pembelajaran. Masalah yang muncul adalah siswa banyak mengobrol ketika proses pembelajaran, dan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru di depan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui Penerapan Metode Pembelajaran Take and Give dalam mata pelajaran Fiqih materi Binatang Halal dan Haram. 2) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Take and Give. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satunya yaitu dengan cara menerapkan Metode Pembelajaran Take and Give, metode ini di asumsikan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah Penerapan Metode Pembelajaran Take and Give untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih materi Binatang Halal dan Haram, yang diharapkan setelah diterapkan metode pembelajaran ini akan meningkatkan motivasi belajar siswanya dalam mata pelajaran Fiqih. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dalam dua siklus selama tiga pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh: 1) Motivasi belajar siswa kelas 8 MTS Yasta Bunter pada mata pelajaran Fiqih materi Binatang halal dan haram sebelum diterapkan metode pembelajaran Take And Give masih tergolong kurang dengan presentase 57,8% berada pada interval 55% – 59%. 2) Proses pembelajaran dengan mengunakan metode pembelajaran Take And Give, a) Berdasarkan hasil dari lembar observasi aktivitas guru pada siklus I dikatagorikan kurang dengan presentasi 58,82% berada pada interval 55% - 59%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan katagori sangat baik dengan presentase 100% berada pada interval 86% - 100%, b) dan pada lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan cukup dengan presentase 62,5% berada pada interval 60% - 75%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan katagori sangat baik denga presentase 100% berada pada interval 86% - 100%. 3) Motivasi belajar siswa kelas 8 MTS Yasta Bunter pada mata pelajaran Fiqih materi binatang halal dan haram sesudah diterapkan metode pembelajaran Take And Give, motivasi siswa pada siklus I dikategorikan cukup dengan presentase 75,93% pada interval 60% - 75%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik dengan presentase 89,5% pada interval 86% - 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; take and give;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yeyen Supriadi
Date Deposited: 03 Sep 2020 00:34
Last Modified: 03 Sep 2020 00:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33032

Actions (login required)

View Item View Item