Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. SMART Agribusiness And Food Tbk. Periode 2008-2018

Ariyanto, Muhamad Fais (2019) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. SMART Agribusiness And Food Tbk. Periode 2008-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal yang ada di Bursa Efek Indonesia merupakan salah satu dari lembaga keuangan non bank yang berfungsi sebagai intermediasi dalam lalu lintas keuangan Indonesia. Pasar modal melakukan jual beli surat berharga berupa saham. Penjualan dan pembelian saham ditentukan oleh keadaan harga saham tersebut. Adapun keadaan yang dapat mempengaruhi harga saham dapat dilihat dari tingkat kesehatan keuangan suatu perusahaan seperti padatingkat likuiditas (pemenuhan kewajiban perusahaan) berupa Current Ratio dan tingkat profitabilitas (kemampuan menghasilkan laba) berupa Net Profit Margin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Harga Saham; 2) Pengaruh Net Profit Margin secara parsial terhadap Harga Saham; 3) Pengaruh Current Ratio dan Net Profit Margin secara simultan terhadap Harga Saham pada PT. SMART Agribusiness and Food, Tbk. Current Ratio merupakan rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendek atau hutang yang segera jatuh tempo. Sedangkan Net Profit Margin merupakan suatu rasio yang berkemampuan untuk menekan biaya-biaya (ukuran efesiensi) di perusahaan pada periode tertentu. Serta Harga Saham adalah harga yang terjadi di pasar bursa pada saat tertentu yang ditentukan oleh permintaan dan penawaran saham yang bersangkutan di pasar modal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodedeskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang di dapat dari Laporan Publikasi Tahunan Ikhtisar Keuangan 2008-2018 PT. SMART Agribusiness and Food, Tbk di websitehttp://www.smart-tbk.com/. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) Current Ratio di PT. SMART Agribusiness and Food, Tbk secara parsial negatif dantidak berpengaruh terhadap Harga Saham dengan nilai koefisien determinasi sebesar 3,5%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung ≤ ttabel dengan nilai −0,567 ≤ 2,26216 maka H0 diterima dan Ha ditolak. 2) Net Profit Margin di PT. SMART Agribusiness and Food, Tbk secara parsial positif dan tidak berpengaruh terhadap Harga Saham dengan koefisien determinasi sebesar 0,2%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung ≤ ttabel dengan nilai 0,141 ≤ 2,26216 maka H0 ditolak dan Ha diterima. 3) Secara simultan, Current Ratio dan Net Profit Margin di PT. SMART Agribusiness and Food, Tbk positif dan tidak berpengaruh terhadap Net Profit Margin dengan nilai koefisien determinasi sebesar 6,2% selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan Fhitung ≤ Ftabel dengan nilai 0,265 ≤ 4,46 maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Net Profit Margin (NPM); Harga Saham
Subjects: Accounting
Accounting > Auditing
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Muhamad Fais Ariyanto
Date Deposited: 02 Sep 2020 05:00
Last Modified: 02 Sep 2020 05:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33012

Actions (login required)

View Item View Item