Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Selamat Sempurna Tbk, periode 2009-2018

Padilah, Hapsah Nur (2020) Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Selamat Sempurna Tbk, periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy

Abstract

Kondisi perekonomian Indonesia di era globalisasi ini mengalami peningkatan dalam berbagai sektor salah satunya adalah pasar modal pada sektor investasi saham. Informasi laporan keuangan salah satu faktor yang sangat diperhatikan oleh para investor untuk mengetahui seberapa besar kemampuan perusahaan dalam menghasilkan Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) dengan jumlah saham yang ada di perusahaan. Pada akhirnya para investor bisa melihat seberapa besar tingkat pengembaliannya dalam berupa Dividen Payout Ratio (DPR). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada PT. Selamat Sempurna Tbk secara parsial, untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada PT. Selamat Sempurna Tbk secara parsial, mengetahui dan menganalisa pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada PT. Selamat Sempurna Tbk secara simultan. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2009-2018. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (linier, berganda), analisis korelasi, analisis koefiesien determinasi, uji hipotesis (uji t dan uji f). Pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 20.0 dan microsoft excel 2013 sebagai penunjang awal pengolahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara Earning Per Share (EPS) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) yang dibuktikan oleh hasil uji t sebesar -0,722 dengan besar nilai koefisien determinasi sebesar 6,12%. Secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) yang di buktikan dengan uji t sebesar -2,479 dan besar nilai koefisien determinasi sebesar 4,33%. Selanjutnya secara simultan secara simultan Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) tidak terdapat pengaruh signifikan, hal ini ditunjukan oleh nilai fhitung sebesar 2,742 dan koefisien determinasi sebesar 43,9% pada PT. Selamat Sempurna Tbk. Periode 2009-2018. Kata Kunci: Earning Per Share (EPS), Net Profit Margin (NPM), Dividen Payout Ratio (DPR).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share; Net Profit Margin; Dividen Payout Ratio;
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Hapsah Nur Padilah
Date Deposited: 02 Sep 2020 05:03
Last Modified: 02 Sep 2020 05:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33010

Actions (login required)

View Item View Item