Pengaruh media pembelajaran audio visual (video) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) (Penelitian Pada Siswa Kelas X Di MA Persis 99 Rancabango Garut).

Ramadanti, Sofah (2020) Pengaruh media pembelajaran audio visual (video) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) (Penelitian Pada Siswa Kelas X Di MA Persis 99 Rancabango Garut). Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa di kelas seringkali menjadi permasalahan guru yang sangat rumit. Dengan rendahnya minat,siswa secara otomatis kesulitan dalam menyerap materi yang disampaikan oleh guru dan juga berakibat buruk terhadap hasil belajar siswa. Alhasil kondisi ini memerlukan upaya strategis untuk memulihkan kondisi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas media pembelajaran audio visual di MA Persis 99 Rancabango Garut (2) Realitas minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MA Persis 99 Rancabango Garut (3) pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa di MA Persis 99 Rancabango Garut. Penelitian ini didasari pada suatu pemikiran bahwa media pembelajaran audio visual dipengaruhi banyak faktor, salah satunya pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar. Berdasarkan hal itu maka hipotesis yang diajukan ialah semakin baikpengaruh media maka semakin baik juga minat belajar mereka. Dengan kata lain, diduga terdapat hubungan antara pengaruh media pembelajaran audio visual (video) terhadap minat belajar siswa pada mata pelaran SKI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasi yaitu penelitian yang berusaha melihat ada atau tidaknya hubungan antara variabel X (pengaruh media pembelajaran audio visual) dan variabel Y (minat belajar siswa) dengan menggunakan alat pengumpulan data: observasi, wawancara,angket dan dokumentasi dan pendekatannya dengan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pengaruh media pembelajaran audio visual adalah berdistribusi normal. Dan untuk analisis data deskriptifnya nilai keseluruhan (ΣX) adalah 2003 dibagi jumlah jumlah item angket (15) maka hasilnya 133.52. Jika interpretasikan nilai tersebut termasuk kategori buruk, karena berada pada interval 94 – 135, artinya pengaruh media pembelajaran audio visual berkategori buruk. (2) Minat belajar siswa MA Persis 99 Rancabango Garut adalah berdistribusi normal. Dan untuk analisis data deskriptifnya nilai keseluruhan (ΣY) adalah 2900 dibagi jumlah jumlah item angket (15) maka hasilnya 193.33. Jika interpretasikan nilai tersebut termasuk kategori baik, karena berada pada interval 178 – 219, artinya pengaruh minat belajar siswa berkategori baik. (3) Hasil perhitungan korelasi sebesar 0.974, angka tersebut dapat diinterpretasikan termasuk pada pengaruh sangat tinggi. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa hipotesisnya diterima, berdasarkan hasil thitung (29,541) > ttabel (0,279). Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa. Media audio visual juga memberi pengaruh sebesar 94% terhadap minat belajar pada siswa di MA Persis 99 Rancabango Garut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Audio Visual; Minat Belajar;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sofah Ramadanti
Date Deposited: 03 Sep 2020 06:23
Last Modified: 03 Sep 2020 09:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33006

Actions (login required)

View Item View Item