Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) terhadap Return On Assets (ROA) dengan Gross Profit Margin (GPM) sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang terdaftarrdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Aneka Tambang Tbk. Periode 2009-2018

Askar, Putra (2020) Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) terhadap Return On Assets (ROA) dengan Gross Profit Margin (GPM) sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang terdaftarrdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Aneka Tambang Tbk. Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia usaha dalam era globalisasi saat ini semakin berkembang pesat di segala bidang. Perkembangan tersebut mengakibatkan setiap pelaku usaha dituntut untuk dapat melakukan pengelolaan secara efektif dan efisien sehingga meningkatkan kinerja perusahaan dalam menghadapi persaingan. Rasio Return On Assets (ROA) dapat menjadi alat analisis perusahaan dalam memprediksi pertumbuhan laba dimasa yang akan datang. Beberapa faktor yang mempengaruhi Return On Assets (ROA) yaitu Total Assets Turnover (TATO) dan Gross Profit Margin (GPM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Total Assets Turnover (TATO) terhadap Gross Profit Margin (GPM), (2) Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) terhadap Return On Assets (ROA), (3) Pengaruh Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Assets (ROA), (4) pengaruh Gross Profit Margin (GPM) sebagai variabel intervening antara Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Aneka Tambang Tbk. periode 2009-2018. Kerangka berfikir pada penelitian ini adalah ketika perusahaan mampu mengelola modal kerja dalam kegiatan operasionalnya dengan baik, maka Total Assets Turnover (TATO) akan mengalami peningkatan sehingga perusahaan mampu menghasilkan laba dengan memanfaatkan aktiva yang dimilikinya. Hal tersebut akan meningkatkan Return On Assets (ROA) perusahaan. Akan tetapi ada hal yang dapat memediasi pengaruh Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Assets (ROA) yaitu Gross Profit Margin (GPM) sebagai intervening. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan sumber data penelitian sekunder yakni data laporan keuangan tahunan PT. Aneka Tambang Tbk. periode 2009 sampai dengan 2018 dalam www.antam.com. Dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, uji asosiatif, analisis jalur (path analysis), dan sobel test. Untuk pengolahan data menggunakan program SPSS for windows version 20.0, Microsoft Exel 2010, dan Sobel test Calculator. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa: (1) Total Assets Turnover (TATO) secara parsial terbukti tidak berpengaruh secara positif signifikan terhadap Gross Profit Margin (GPM), (2) Gross Profit Margin (GPM) secara parsial terbukti berpengaruh secara positif signfikan terhadap Return On Assets (ROA), (3) Total Assets Turnover (TATO) secara parsial terbukti tidak berpengaruh secara positif signifikan terhadap Return On Assets (ROA), (4) Gross Profit Margin (GPM) dengan analisis jalur (path anlysis) dan sobel test terbukti memediasi pengaruh antara Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Assets (ROA).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Total Assets Turnover (TATO);Gross Profit Margin (GPM); Return On Assets (ROA)
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Putra Askar
Date Deposited: 03 Sep 2020 07:41
Last Modified: 03 Sep 2020 07:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33005

Actions (login required)

View Item View Item