Pendidikan akhlak dalam Buku Karena Kau Manusia, Sayangi Manusia dan kontribusinya terhadap tujuan pendidikan Islam: Analisis Ilmu Pendidikan islam

Adawiah, Laila Robiah (2020) Pendidikan akhlak dalam Buku Karena Kau Manusia, Sayangi Manusia dan kontribusinya terhadap tujuan pendidikan Islam: Analisis Ilmu Pendidikan islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan akhlak dapat diperoleh dari sebuah karya tulis yang mengandung nasihat, kisah, dan kata mutiara, disamping mengingat bahwa akhlak sangatlah penting tertanam dalam diri setiap insan sehingga akhlak dijadikan sebagai poin utama tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui sinopsis buku Karena Kau Manusia Sayangi Manusia, 2) untuk mengetahui pendidikan akhlak dalam buku Karena Kau Manusia,Sayangi Manusia, 3) untuk mengetahui tujuan pendidikan islam dalam buku Karena Kau Manusia, Sayangi Manusia. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa pendidikan akhlak sangat penting ditanamkan dalam diri manusia dan untuk memperoleh pendidikan akhlak tersebut dapat bersumber dari berbagai media seperti buku Karena Kau Manusia, Sayangi Manusia ini. Selain itu, dengan meneliti tujuan pendidikan Islam yang terdapat dalam buku tersebut akan meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya berakhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode content analysis karena penelitian ini bertujuan untuk meneliti sebuah buku yang dianggap mengandung pendidikan akhlak dan tujuan pendidikan Islam. Jenis data yang diunakan merupakan data kepustakaan yang mana penelitin ini menggunakan sumber tertulis untuk penelitian. Penelitian ini meggunakan teknik dokumentasi dalam mengumpulkan sumber sekunder berupa bahan tertulis yang sesuai seperti buku Ilmu Pendidikan islam dan juga buku Pendidikan Akhlak, sedangkan sumber primer penelitian ini adalah buku Karena Kau Manusia, Sayangi Manusia. Analisis data dilakukan dengan tiga cara, yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, didapat tiga hal, yaitu : pertama, sinopsis buku Karena Kau Manusia, Sayangi Manusia, kedua, pendidikan akhlak dalam buku Karena Kau Manusia, Sayangi Manusia diantaranya, 1) bertakwa kepada Allah, 2) mencintai orang lain sesuai dengan profesi, 3) bersikap ramah, 4) optimis, 5) memuliakan manusia, 6) menghadirkan diri dalam kesulitan orang lain dan 7) merasa cukup. Ketiga, tujuan pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Karena Kau Manusia, Sayangi Manusia dikalsifikasikan ke dalam empat dimensi yaitu, 1) tujuan pendidikan jasmani, 2) tujuan pendidikan ruh, 3) tujuan pendidikan akal, dan 4) tujuan pendidikan sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak; Buku Karena Kau Manusia; Sayangi Manusia; Tujuan Pendidikan Islam
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: laila robiah
Date Deposited: 02 Sep 2020 01:30
Last Modified: 02 Sep 2020 01:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32993

Actions (login required)

View Item View Item